Rabu, 24 Oktober 2018

Catut Banyak Dukungan, Rico-Wasil Terancam Gagal Maju Pilkada

Selasa, 12 Desember 2017 15:27:52 WIB
Reporter : Zamachsari
Catut Banyak Dukungan, Rico-Wasil Terancam Gagal Maju Pilkada

Sampang (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, telah melakukan verifikasi secara administrasi terhadap KTP dukungan calon independen atau perseorangan Cabup-Cawabup atas nama Rico dan Wasil. Hasil verifikasi administrasi KPU setempat itu, mencoret 4371 dukungan KTP calon independen tersebut. Dari total 62.394 KTP dukungan yang diserahkan ke KPU. Sehingga hanya tersisa 58 ribu KTP dukungan.

Syamsul Muarif, Ketua KPU Sampang, saat ditemui di Kantor DPRD usai memenuhi undangan ketua dewan Imam Ubaidillah, terkait banyaknya pencatutan KTP dukungan yang diduga dilakukan tim pasangan calon indenpenden Rico dan Wasil menjelaksan adanya temuan 2 ribu dukungan. "Terkait pencatutan nama-nama dukungan KTP terhadap calon perseorangan Rico-Wasil, hasil sementara ditemukan 2000 lebih KTP dukungan yang kami coret karena bukan e-KTP, tidak cocoknya daftar dukungan dengan e-KTP dan lain sebagainya yang secara ketentuan administrasi tidak memenuhi syarat," kata Syamsul, Selasa (12/12/2017).

Lebih lanjut Syamsul mengatakan, hari ini sisa data dukungan calon perseorangan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Sampang Rico-Wasil, kami serahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari sisa yang dicoret 2000 lebih yang tidak memenuhi syarat administrasi. "Adapun sisanya yang kami serahkan ke PPK sebanyak 58. 023 KTP dukungan untuk dilakukan verifikasi faktual langsung ke bawah melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing desa se-Kabupaten Sampang," terangnya.

Sekadar diketahui, awal data dukungan yang diserahkan pasangan dari jalur perseorangan Rico-Wasil, sebanyak 62.394 dukungan tersebar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang. Saat ini, KPU sudah selesai melakukan proses verifikasi administrasi dukungan perseorangan tersebut. Dan dipastikan mulai tanggal 12 Desember 2017 dilakukan langkah verifikasi faktual dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara. [sar/but]

Komentar

?>