Rabu, 21 Februari 2018
Dibutuhkan Wartawan Kriminal di Surabaya, Usia Maks 27 Tahun, S1, Punya Pengalaman, Kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Elektabilitas Jokowi - Prabowo Selisih Tipis

Minggu, 03 Desember 2017 15:43:36 WIB
Reporter : -
Elektabilitas Jokowi - Prabowo Selisih Tipis

Jakarta (beritajatim.com) - Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra) melakukan survei elektabilitas calon presiden yang akan maju di Pilpres 2019 mendatang. Hasilnya Jokowi tempati urutan pertama.

Joko Widodo memiliki presentase 24,38 % disusul Prabowo Subianto dengan 21,09 %. Sementara Panglima TNI, Gatot Nurmantyo tempati urutan ketiga dengan presentase 2,8 %. Kemudian ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di urutan keempat dengan 2,31 %. Dan terakhir Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tempati urutan kelima dengan perolehan 2,14 persen.

"Kalau kita lihat margin of erornya 3 %, hampir sama dengan Prabowo. Memang tipis sekali bedanta dan disini muncul lumayan fresh juga nama-nama baru," kata Ketua ORKESTRA Poempida Hidayatullah di Gado-Gado Boplo, Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2017).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Polcomm Instituate Heri Budianto mengatakan elektabilitas Jokowi yang beda tipis dengan Prabowo bisa menjadi warning. Menurutnya, Jokowi mau tidak mau harus segera merealisasikan janji-jani kampanye agar publik bisa memilihnya lagi.

"Ini jadi warning ya buat Jokowi bahwa ada poun tidak sesuai dengan janji kampanye. Hal itu harus segera diatasi dengan merealisasikan janjinya di sisa dua tahun mendatang. Isu ini bisa jadi hangat dan panas. Ditambah lagi dengan pertarunfan media sosial yang lebih dahsyat," jelas Heri.

"Ketika publik melihat dan merasakan adanya perubahan dalam hal infrastruktur, maka ini bisa dijadikan barang bagus bagi Jokowi. Coba Soeharto bangun infrastruktur 32 tahun, Jokowi bangun infrastruktur tiga tahun. Kalau dijual ini bisa jadi barang bagus untuk Jokowi di 2019," tambahnya.

Untuk diketahui, survei ini digelar pada 6-20 November 2017 dengan melibatkan 1.300 responden dari 34 provinsi di seluruh Indoneaia. Sesi wawancara dilakukan secara tatap muka dengan metode multistage random sampling. Margin of eror +/-3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [fad]

Sumber : inilah.com
Tag : pilpres

Komentar

?>