Kamis, 20 September 2018

Satgas DD Imbau Pemerintah Desa dan Pendamping Sinergi

Selasa, 28 Nopember 2017 22:02:02 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Satgas DD Imbau Pemerintah Desa dan Pendamping Sinergi

Pamekasan (beritajatim.com) - Sekretaris Satgas Dana Desa Kemendesa PDTT Douglas Pasaribu mengimbau pendamping dan jajaran pemerintahan desa agar menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dalam merealisasikan dana desa.

Hal itu disampaikan di sela-sela Pelatihan Terpadu Pengelolaan Dana Desa yang mengusung tema 'Ayo Gunakan Dana Desa untuk Membangun Desa dan Memberdayakan Masyarakat' di Hotel Front One Jl Jokotole Pamekasan, Selasa (28/11/2017).

"Pendamping desa kita harapkan bisa bekerjasama dengan jajaran pemerintah desa, dan Kepala desa (kades) tidak merasa arogan. Sehingga bisa terjalin komunikasi yang baik dalam penggunaan dana desa," kata Sekretaris Satgas Dana Desa Kemendesa PDTT Douglas Pasaribu.

Selama ini serapan pengunaan dana desa dinilai belum cukup baik akibat kurangnya pengawasan. "Titik lemah selama ini di sektor pengawasan yang rendah, untuk itu kemarin kita (Kemendesa PDTT) melakukan MoU (Memorandum of Understanding) bersama Polri," ungkapnya.

"Dari itu kita melakukan pelatihan dan pembinaan, baik bagi kapalada desa, bendahara, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) hingga jajaran pendamping desa. Sehingga kedepan bisa terjalin sinergitas antara pemerintah desa bersama pendamping desa," jelasnya.

Bahkan pihaknya menilai selama ini yang menjadi tolak ukur kesalahan tertak pada sektor perencanaan, sehingga proses penggunaan anggaran terkesan terealisasi seadanya. "Selama ini ada perencanaan yang salah, kalau rencananya tidak baik prosesnya juga tidak baik," pungkasnya. [pin/ted]

Tag : dana desa

Komentar

?>