Rabu, 12 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Satgas Kemendesa PDTT Gelar Pelatihan Terpadu di Pamekasan

Selasa, 28 Nopember 2017 17:22:55 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Satgas Kemendesa PDTT Gelar Pelatihan Terpadu di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) - Satgas Dana Desa Kemendesa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimigrasi (PDTT) melaksanakan Pelatihan Terpadu Pengelolaan Dana Desa di Hotel Front One Jl Jokotole Pamekasan, Selasa (28/11/2017).

Pelatihan yang mengusung tema 'Ayo Gunakan Dana Desa untuk Membangun Desa dan Memberdayakan Masyarakat', dihadiri sejumlah kepada desa (kades) berserta perangkat, termasuk pendamping desa yang tersebar di berbagai wilayah berslogan Bumi Gerbang Salam.

"Pelatihan ini bertujuan sebagai pembinaan dan pembekalan terhadap peningkatan kapasitas kepada desa, bendahara, pendamping dan juga Badan Pemberdayaan Desa (BPD)," kata Sekretaris Satgas Dana Desa Kemendesa PDTT Douglas Pasaribu.

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para pengguna anggaran desa, termasuk juga para pendamping desa. "Ini pertama kali dilakukan di Pamekasan, menyusul banyaknya persoalan di lapangan antara pemerintah desa dengan pendamping desa maupun BPD," ungkapnya.

Hanya saja dalam pelatihan tersebut, pihaknya hanya menghadirkan beberapa desa dari 189 desa dan kelurahan di Pamekasan. "Dalam pelatihan ini tidak semua desa mengikuti, hanya kita ambil sampel berdasar laporan yang kami terima dari PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Pamekasan," jelasnya.

"Dengan kegiatan ini kami berharap mudah-mudahan kepdepan semua elemen bisa menjalankan tugas masing-masing, sehingga pengelolaan dana desa semakin akuntabel, tertib dan transparansi. Terlebih masyarakat juga bisa berpartisipasi secara langsung," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir sejumlah jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pamekasan, mulai dari Wakil Bupati Halil, Sekda Moh Alwi serta sejumlah perwakilan instansi terkait. [pin/but]

Tag : dana desa

Komentar

?>