Jum'at, 15 Desember 2017

Anas Pamit Maju Pilgub Jatim ke Kades di Banyuwangi

Kamis, 23 Nopember 2017 22:07:53 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Anas Pamit Maju Pilgub Jatim ke Kades di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas berterus terang saat ditanya oleh sejumlah kepala desa di Banyuwangi mengenai keinginan dirinya maju di pilgub Jatim mendatang. Pertanyaan itu, sekaligus menjadi alasan dirinya untuk meminta izin kepada para pemimpin desa di Banyuwangi itu.

“Karena ada pertanyaan, ya saya jawab. Maka sekalian saya minta izin kepada para kades yang hadir untuk maju pada Pilgub Jatim” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat melakukan pertemuan bersama kepala desa asal Kecamatan Kabat, Rogojampi dan Blimbingsari di Kantor Desa Macan Putih, Kamis (23/11/2017).

Sebenarnya, pertemuan itu bukanlah momen Bupati Anas untuk berpamitan. Tapi, merupakan forum dialog bersama jajaran kades asal tiga kecamatan itu.

Pada dialog itu, Anas meminta kades menjaga tata ruang Banyuwangi dengan menyusun peraturan desa (perdes) yang mengatur larangan mendirikan bangunan di titik-titik tertentu. Termasuk ikut menyukseskan program rantang kasih dan hidup sehat

“Berikan kesempatan petugas kesehatan memberikan informasi kepada warga. Karena selama ini warga hanya datang ke Puskesmas saat sudah sakit. Padahal, menjaga kesehatan itu jauh lebih penting,” ujar Anas.

Majunya Anas pada Pilgub Jatim 2018 ini membuat sejumlah warga bangga termasuk para kepala desa. Pasalnya, mereka merasa mendapat wakil pemimpin dari putra daerah Banyuwangi asli.

 “Namun, secara profesional, kami sebagai kepala desa tidak bisa cawe-cawe politik praktis,” ungkap Ketua Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (ASKAB) Agus Tarmidzi.

Meski demikian, dirinya tak menampik akan turut mensukseskan pesta demokrasi di Jawa Timur mendatang. Meskipun, dirinya tak yakin menyumbangkan suara atau memberi dukunga melalui gerbong Askab.

“Sebagai ketua Askab, kami memberikan pendidikan politik kepada anggota. Saya tidak mungkin membawa gerbong Askab agar sesuai dengan apa yang kami inginkan," pungkasnya.

Dirinya meyakini, hak politik disetahkan pada masing-masing personal kepala desa. Bahkan  selama ini belum ada instruksi khusus mengenai hal tersebut. [rin/but]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>