Sabtu, 16 Desember 2017

Perda Tarif Stadion Jember Sport Garden Krusial

Kamis, 23 Nopember 2017 20:37:19 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Perda Tarif Stadion Jember Sport Garden Krusial

Jember (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten Jember berharap bisa mendongkrak pendapatan dari perubahan peraturan daerah mengenai pajak dan retribusi. Salah satunya adalah perda yang mengatur tarif sewa Stadion Jember Sport Garden.

"Hari ini kami belum bisa menarik apapun dari JSG secara aturan. Padahal ini potensi cukup besar, saat banyak even diselenggarakan di sana," kata Kepala Bagian Hukum Pemkab Jember Ratno Sembada Cahyadi.

Ratno menegaskan, dari 29 raperda yang diajukan untuk dibahas kepada Badan Pembentukan Perda DPRD Jember, ada perubahan perda terkait pajak dan retribusi daerah yang sangat drastis, terutama pada tarif rumah sakit. "Ada juga di pajak dan retribusi daerah mulai dari reklame, minerba, dan seterusnya yang harus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah provinsi. Beberapa kewenangan ditarik oleh provinsi. Kami membuat item-item baru yang jadi bisa jadi bagian intensifikasi pendapatan daerah," katanya.

Dari 29 perda yang diajukan, terbanyak adalah terkait retribusi dan perizinan. "Itu memang yang harus kami selesaikan. Salah satunya untuk mendorong iklim investasi di Kabupaten Jember. Perizinan menjadi lebih mudah, lebih tepat waktu, lebih tepat biaya, dan prosesnya," kata Ratno. Detail teknis naskah akademis dan uji publik dianggarkan pada 2018

Kenapa pengajuan perda tidak bertahap oleh Pemkab Jember sejak awal pelantikan bupati pada 2016? "Salah satunya karena memang peraturan baru. Pada 2016 ada perubahan, tapi petunjuk teknisnya baru masuk 2017," kata Ratno. Selain itu, penyusunan perda juga tergantung pada kesiapan organisasi perangkat daerah masing-masing. [wir/but]

Komentar

?>