Senin, 18 Desember 2017

DPRD Sampang Soroti Anggaran Rp 64 Miliar PT Garam

Selasa, 21 Nopember 2017 00:00:33 WIB
Reporter : Zamachsari
DPRD Sampang Soroti Anggaran Rp 64 Miliar PT Garam
foto/ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) - Pemerintah sudah mengucurkan dana Rp 64 miliar untuk PT Garam. Anggaran tersebut salah satunya untuk pembangunan pabrik olahan garam yang rencananya bertempat di areal gudang vem terminal garam PT Garam Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura. Namun hingga saat kegiatan pembangunan tersebut belum ada.

Syamsudin, anggota Komisi II DPRD Sampang mendesak agar pembangunan tersebut segera dilakukan. Sebab, dana puluhan miliar itu, telah cair sejak 2015. Bahkan, kegiatan lelang konon berulang kali dijadwalkan. Akan tetapi, tak kunjung terlaksana. Pertama dijadwalkan pada akhir 2016, terakhir dijadwalkan pada pertengahan September 2017 (pada saat itu Direktur Utama PT Garam Ahmad Budiono).

Politikus asal Kecamatan Camplong itu mengatakan, upaya dan langkah dari PT Garam perlu dipertanyakan. Sebab, jika PT Garam peduli terhadap pembangunan di Madura, khususnya Sampang, tidak akan berlarut-larut. "Kami minta pembangunan segera dilakukan," tegasnya, Senin (20/11/2017).

Politikus Hanura itu menambahkan, urusan lelang sudah menjadi tanggungjawab dari PT Garam sendiri. Tapi, pihaknya berharap pembangunan pabrik olahan garam bisa berdampak bagi masyarakat sekitar. Baik rekrutmen tenaga kerja dan sebagainya. Pria yang akrab disapa Gus Syam itu menegaskan, sebelum pembangunan dilakukan PT Garam harus memenuhi semua prosedur.

"Kami harapkan pembangunan pabrik olahan garam ini segera mungkin dilaksanakan, demi petani garam di sampang khusunya, Madura pada umumnya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pabrik Garam Industri PT Garam, Samsul Bahri berulangkali dihubungi tidak ada respons. Namun sebelumnya dia mengatakan bahwa pihaknya sudah menunjuk PMC (Provincial Management Consultant) yang menyusun semua dokumen sebelum ditenderkan.

Konsultan itu juga nantinya yang akan mengawasi pelaksanaan pembangunan. "Untuk pembangunan pabrik di sampang sebelumnya ada sidang Amdal lalin (analisis mengenai dampak lingkungan lalu lintas) nya di Jakarta," paparnya mewakili Direktur Utama (Dirut) PT Garam. [sar/suf]

Tag : dprd sampang

Komentar

?>