Rabu, 22 Nopember 2017

BPBD Kabupaten Mojokerto Bentuk Desa Tangguh Bencana

Rabu, 15 Nopember 2017 10:11:26 WIB
Reporter : Misti P.
BPBD Kabupaten Mojokerto Bentuk Desa Tangguh Bencana
foto/dok

Mojokerto (beritajatim.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto membentuk desa tangguh bencana di Kabupaten Mojokerto. Ada dua desa di wilayah Kabupaten Mojokerto yang disiapkan untuk dibentuk sebagai desa tangguh bencana.

Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, ada dua desa di Kabupaten Mojokerto yang dibentuk sebagai desa tangguh bencana. "Yakni Desa Kemiri di Kecamatan Pacet dan Desa Bendung di Kecamatan Jetis," ungkapnya, Rabu (15/11/2017).

Masih kata Zaini, pembentukan desa tangguh bencana tidak lain untuk mengantisipasi adanya bencana alam. Minimal, lanjut Zaini, masyarakat di desa tersebut bisa mandiri saat ada bancana dan membantu tetangga terdekat menyusul musim hujan sudah mulai terjadi.

"Dua desa yang sudah dipilih sebagai desa tangguh bencana merupakan daerah yang rawa bencana. Seperti bencana banjir dan tanah longsor serta di dalamnya pun sudah dibentuk team secara nyata. Termasuk di dalamnya ada relawan yang sudah siap bila terjadi bencana," ujarnya.

Selain membentuk desa tangguh bencana serta Team Reaksi Cepat (TRC), BPBD Kabupaten Mojokerto juga memasang alat early warning system atau alat pendeteksi bencana. Alat tersebut dipasang di Desa Kemiri yang berguna secara multi fungsi bila akan terjadi bencana seperti longsor dan banjir. [tin/suf]

Tag : bencana alam

Komentar

?>