Rabu, 22 Nopember 2017

Jatim Kekurangan 14 Ribu Tenaga Kesehatan, Ini Saran Anas

Selasa, 14 Nopember 2017 22:24:39 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Jatim Kekurangan 14 Ribu Tenaga Kesehatan, Ini Saran Anas

Banyuwangi (beritajatim.com) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebut, Jawa Timur saat ini kekurangan 14.000 tenaga ahli kesehatan masyarakat yang tugasnya antara lain di promotif-preventif.

Menurutnya, di Banyuwangi juga belum mampu mencukupi rasio ideal 40 ahli tenaga kesehatan untuk 100.000 penduduk. Maka dirinya mengambil solusi, unit kesehatan berbasis masyarakat harus digalakkan

"Maka ke depan, Puskesmas yang harus diberi reward adalah puskesmas yang kunjungan sehatnya tinggi, yang orang antusias konsultasi gizi, apakah tubuh saya gizinya masih oke, dan seterusnya," kata Anas, Selasa (14/11/2017).

Anas juga menyarankan agar peran aktif Puskesmas perlu ditingkatkan. Termasuk lebih mengintesnifkan program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Saya juga mengapresiasi sekarang makin banyak Puskesmas yg bikin acara Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di acara sekolah sampai car free day. Perlu diintensifkan bikin Posbindu setelah salat Jumat di masjid, minggu di gereja, dan waktu-waktu sembahyang di pura," pungkas Anas. [rin/suf]

Komentar

?>