Rabu, 22 Nopember 2017

Nyanyian Bupati Anas Bikin Tenaga Kesehatan Termotivasi

Selasa, 14 Nopember 2017 22:00:01 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Nyanyian Bupati Anas Bikin Tenaga Kesehatan Termotivasi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
memotivasi tenaga kesehatan dengan sebuah nanyian.

Lagu milik Tulus 'Manusia Kuat' dipilih unntuk menggambarkan kekuatan dan kesehatan warganya.

"Manusia -manusia kuat itu kita, Jiwa-jiwa yang Sehat Itu Kita," lantunan suara Bupati Anas diikuti oleh ratusan tenaga kesehatan di Pendapa Sabha Swagata Blambangan, Selasa (14/11/2017)

Melalui lagu itu, para tenaga kesehatan yang terdiri dari beragam profesi itu pun larut bersama mendendangkan bait-bait lagu tersebut. Mereka dengan semangat menyanyikan lagu tersebut hingga diputar dua kali.

"Lagu ini sengaja diputar untuk memberi spirit kepada para nakes yang tak henti melakukan tugasnya. Mereka telah melakukan banyak hal luar biasa, seperti layanan jemput bola langsung ke rumah warga hingga ke pelosok desa,"

"Mereka adalah orang kuat, tugasnya menengok warga miskin hingga ke pelosok, merawat orang sakit. Mereka memang harus kuat, agar bisa membuat orang lain menjadi kuat. Semoga lagu ini bisa menjadi spirit bagi mereka untuk berbuat yang terbaik," ungkapnya.

Pemkab Banyuwangi, kata Anas, akan merubah paradigma penanganan kesehatan, dari yang selama ini sifatnya pengobatan menjadi pencegahan.

Selama ini, kata Anas, paradigma masyarakat kita adalah paradigma sakit. Baru ke puskesmas kalau sakit, baru ke dokter kalau ada keluhan. Itu diikuti oleh negara di mana APBD yang aspek promotif-preventif minim anggarannya.

"Akhirnya duit kita habis hanya untuk biaya mengobati. Berbagaimasalah kesehatan akan terus bermunculan jika tidak diselesaikan pada akarnya, yakni pola hidup masyarakat. APBD kita desain pro-health dengan terus mengkreasi gaya hidup sehat. Tiap puskesmas akan kita
minta membuka konsultasi medis langkah-langkah pencegahan penyakit,
misalnya konsultasi gizi," jelas Anas.

Untuk itu, Anas meminta para tenaga kesehatan (nakes), terlibat aktif dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat kepada masyarakat. Para nakes yang terdapat di Puskesmas maupun di Pustu ini didorong menjadi daikesehatan. Mereka diharapkan menceramahkan pola hidup sehat,pentingnya gizi dan hal-hal mendasar lainnya.

"Selipkan dalam acara-acara keagamaan maupun lainnya, pesan-pesan kesehatan. Kalau perlu, setiap ada acara-acara pengajian, atau khutbah di gereja, pura,  kelenteng, para petugas Puskesmas harus memberikan ceramah kesehatan kepada masyarakat," pungkas Anas. (rin/ted)

Komentar

?>