Kamis, 23 Nopember 2017

Ahli IT: Website Pemkab Ponorogo Kurang Perawatan

Selasa, 14 Nopember 2017 11:29:45 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ahli IT: Website Pemkab Ponorogo Kurang Perawatan

Ponorogo (beritajatim.com) - Sekitar 24 jam website milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo diacak-acak hacker. Namun, pihak SKPD di lingkungan Pemkab Ponorogo mengklaim pelayanan tetap normal walaupun website tidak bisa diakses.

Ahli Informasi dan Teknologi (IT) di Ponorogo, Handris Kurlu, menjelaskan masuknya hacker ke website milik Pemkab Ponorogo tidak bisa dianggap angin lalu. Dia mengaku, jika website bisa dibobol berarti kurangnya perawatan.

"Berarti kurang perawatan. Itu sangat membahayakan kalau dilihat dari masalah kacamata Informasi dan Teknologi," kata Handris Kurlu yang juga penyedia jasa website dan server.

Meski, lanjutnya, pelaku hanya merusak sebuah sistem website saja, namun nantinya tidak menutup kemungkinan hacker bisa masuk ke dalam sistem database sebuah instansi. "Bisa nantinya masuk database. Dan banyak data yang bisa dicuri. Mending dirawat secara berkala," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, sistem keamanan website milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo dipertanyakan. Pasalnya website didalam Ponorogo.go.id yang tergabung sejumlah SKPD, terkena serangan hacker.

Beberapa website resmi SKPD tidak bisa diakses. Hanya muncul sebuah konten, gambar dan animasi berbahasa asing. Ada pula website yang membahas kasus korupsi.

Seperti website milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Ponorogo, terlihat hacker membobol. Begini tulisannya, "Hai Ponorogo, Semoga saja di kotaku ini tidak berawal ada korupsi Ya :)
Ingat Pak, duit korupsi tidak dibawa mati. Dosanya yang dibawa mati sebagai pilihan rakyat. Seharusnya mengerti apa keinginan rakyat. Tapi kayaknya Ponorogo ku yang sekarang dah lebih baik :). Bukan karena pemerintahannya saja tapi juga masyarakatnya juga saling peduli sesama :). Banyk ku lihat seperti di grup ICWP. Selalu mengadakan baksos kepada yang membutuhkan :). Ya meskipun gak banyak, yabg penting berbagi dan mendapat pahala Zuehehehe:v. Daripada korupsi yakan):v. Sekian aja pak curhatanku :v.
r00t666Ost, Ponorogo 2017

"Memang benar, website dikdukcapil terkena hacker. Tapi karena website Pemkab Ponorogo terkena juga. Makaya kami kena juga," kata Kepala Dinas Dikcukcapil Ponorogo, Endang Retno kepada beritajatim.com, Senin (13/11/2017).

Namun, Endang menegaskan, tidak berdampak pada pelayanan. Dia mengklaim, semua beres. Buktinya cetak e-ktp, pengurusan kependudukan lainnya juga lancar.
"Tidak berpengaryh. Kantor tetap buka. Pelayanan tetap lancar lok tidak ada kendala yang cukup berarti," tegasnya. [kun]

Komentar

?>