Kamis, 23 Nopember 2017

Pengamat Politik UB: Pilgub Jatim Seru Jika Ada Poros Tengah

Senin, 13 Nopember 2017 17:03:56 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Pengamat Politik UB: Pilgub Jatim Seru Jika Ada Poros Tengah

Malang(beritajatim.com) - Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang bagai laga 'El Clasico' antara Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul dengan Khofifah Indar Parawansa. El Clasico terjadi jika tidak ada calon lain yang maju dalam kontestasi politik Jawa Timur.

Pengamat politik yang juga dosen FISIP Universitas Brawijaya Wawan Sobari mengatakan Pilgub Jatim akan seru jika keluar tokoh lain sebagai pasangan calon nomor tiga yang akan merusak dominasi dua calon lama.

"Jadi saya sebenarnya menunggu calon nomor tiga. Karena koalisi masih memungkinkan, untuk mengusung calon lain," kata Wawan, Senin, (13/11/2017).

Wawan menilai keputusan Gus Ipul dan Khofifah maju dalam Pilgub Jatim bukan sebuah kejutan. Sebab, sejak jauh hari masyarakat Jawa Timur sudah mengetahui dua figur penting dalam Nahdatul Ulama (NU) itu akan bertarung.

"Kalau Gus Ipul dan Khofifah itu bukan kejutan. Karena saya melihat sudah diketahui banyak orang bahwa kedua kekuatan itu sangat potensial untuk maju dalam Pilgub Jatim," ujar Wawan.

Kekuatan Gus Ipul selain sebagai orang Nahdatul Ulama posisi sebagai petahana juga menguntungkan. Sedangkan Khofifah peran di Muslimat Nahdatul Ulama juga sangat vital. Sebagai ketua umum, Khofifah diprediksi mampu menggaet suara ibu-ibu muslimat di Jatim.

Gus Ipul akan maju bersama Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi di dukung koalisi PDIP dan PKB. Sementara Khofifah masih menggodok nama pasangan calon yang akan maju di Pilgub Jatim. Khofifah didukung koalisi Demokrat, Golkar, dan Nasdem. (luc/ted)

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>