Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Ini Modus-modus Penyimpangan Dana Desa

Sabtu, 11 Nopember 2017 14:01:05 WIB
Reporter : Pramita Kusumaningrum
Ini Modus-modus Penyimpangan Dana Desa

Ponorogo (beritajatim.com) - Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi, menegaskan kepada babinkhamtibmas di Polres Ponorogo mengawasi lebih teliti. Karena ada beberapa modus penggunaan dana desa yang bisa menyimpang.

"Secara teknis kepala desa di Kabupaten Ponorogo saya kira sudah paham untuk apa dana desa. Bagaimana penggunaannya," kata AKBP Suryo kepada Babinkhantibmas dan Kepala Desa Se Ponorogo, Sabtu (11/11/2017).

Namun, lanjut dia, ada beberapa modus yang patut dicurigai Babinkhamtibmas di Ponorogo. Di antaranya, dana desa yang lebih banyak digunakan untuk rapat bukan untuk pembangunan.

"Sebenarnya itu tidak salah. Tapi kalau terus kan juga tidak baik. Warga akhirnya tidak terima. Tidak merasakan pembangunan yang seharusnya ada karena dana desa," kata mantan Kapolres Ngawi ini.

Selain itu, misal pengurangan volume pada bangunan. Misalnya seharusnya volumenya 10 menjadi 8. Kemudian berujung pada kerusakan lebih cepat.

"Parahnya juga kadang ada kepala desa yang pura-pura tidak tahu aturan. Uang desa ditransfer ke rekening pribadi bukan ke rekening desa. Itu sangat parah," katanya.

Dia berharap, poin-poin yang disebut tadi bisa ditindaklanjuti. "Harus lebih teliti. Apalagi poin-poin yang saya sebutkan tadi," ungkapnya. [mit/but]

Komentar

?>