Kamis, 23 Nopember 2017

Banyuwangi Dapat Penghargaan Satya Lencana

Jum'at, 10 Nopember 2017 18:04:14 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Banyuwangi Dapat Penghargaan Satya Lencana

Banyuwangi (beritajatim.com) - Pemkab Banyuwangi mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten berkinerja terbaik dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan 'Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha' itu diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo atas nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Bupati Abdullah Azwar Anas di Jakarta.

“Penghargaan ini kami berikan kepada kepala daerah yang mampu menjalankan amanah masyarakat dengan baik. Konsisten mewujudkan program kerja. Meski belum selesai masa jabatannya, sekitar 80 persen program telah dilaksanakan. Artinya, kekurangan pasti ada, tapi kinerjanya sudah sangat bagus," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, Jum'at (10/11/2017).

Penilaian dalam penghargaan ini tidak hanya dilakukan Kementerian Dalam Negeri, tapi juga melibatkan kementerian dan lembaga lainnya, seperti Kemenpan-RB, Kemenkeu, Kemenkumham, Bappenas, BKN, BPKP, BPS, dan LAN.

“Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus mengembangkan program-program baru dalam satu kesatuan gerak dengan pemerintah pusat menyukseskan Nawacita Presiden Jokowi,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Lebih lanjut, Anas mengungkapkan, penilaian LPPD terdiri aras lebih dari seratus aspek penilaian, seperti pendidikan, kesehatan, hingga pekerjaan umum. Aspek-aspek terukur lain juga dinilai.

“Alhamdulillah, kerja-kerja gotong royong di berbagai sektor selama ini berhasil meningkatkan pendapatan per kapita warga Banyuwangi dari Rp20,8 juta per orang per tahun pada 2010 menjadi Rp41,46 juta per orang per tahun pada 2016 atau ada kenaikan 99 persen. Angka kemiskinan pun menurun cukup pesat menjadi 8,79 persen pada 2016,” ujar Anas.

Khusus penilaian di bidang pendidikan dan kesehatan, Banyuwangi mendapatkan nilai yang sangat baik. Bahkan pada beberapa indikator capaiannya 100 persen.

“Itu karena kita punya sejumlah program unggulan, seperti beasiswa Banyuwangi Cerdas yang telah menguliahkan 700 anak muda ke berbagai kampus, pengentasan anak putus sekolah, dan layanan jemput bola warga sakit. Termasuk bulan depan ada program tabungan untuk pelajar dari keluarga miskin, diberi tabungan Rp 1 juta per pelajar untuk ribuan pelajar," terangnya.

Selain itu, Banyuwangi mendapatkan penilaian yang tinggi dalam hal kinerja produksi pertanian di mana Banyuwangi bisa mempertahankan posisi sebagai lumbung pangan. Produktivitas sejumlah komoditas pertanian Banyuwangi pun selalu di atas rata-rata nasional.

"Kunjungan wisatawan juga menjadi salah satu penilaian di urusan pariwisata, di mana lompatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi cukup pesat,” paparnya.

Penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan penghargaan kepada daerah terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Banyuwangi masuk dalam enam besar daerah terbaik dari 416 kabupaten seluruh Indonesia. [rin/but]

Komentar

?>