Kamis, 23 Nopember 2017

Gubernur Pangkas Anggaran Kunjungan ke Luar Negeri di P-APBD Jember

Kamis, 02 Nopember 2017 22:26:32 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Gubernur Pangkas Anggaran Kunjungan ke Luar Negeri di P-APBD Jember

Jember (beritajatim.com) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memerintahkan rasionalisasi anggaran kunjungan kerja ke luar negeri dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Jember 2017.

Demikian salah satu hasil konsultasi Pemerintah Provinsi Jatim terhadap Perubahan APBD 2017 yang dibahas bersama antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Jember, di gedung parlemen, Kamis (2/11/2017).

"Anggaran dinas ke luar negeri memang ada kenaikan 150 persen di Perubahan APBD 2017, yang sebelumnya Rp 500 juta naik menjadi Rp 1,25 miliar," kata Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni, usai rapat.

Gubernur menganulir kenaikan anggaran tersebut dan memerintahkan dilakukannya rasionalisasi. "Pemerintah Kabupaten Jember menindaklanjuti, bahwa telah dilakukan pengurangan yang semula kenaikannya menjadi Rp 750 juta menjadi Rp 200 juta. Ini mempertimbangkan aspek urgen dan mendesak bagi Pemkab Jember," kata Thoif.

Rasionalisasi juga dilakukan terhadap anggaran Rp 2,75 miliar untuk belanja modal peralatan dan mesin-mesin kendaraan bermotor penumpang di Dinas Kesehatan Jember. "Rekomendasi dari gubernur, anggaran ini diefisiensi dan tidak melakukan pemborosan. Hasil efisiensi tersebut harus dialihkan untuk mendanai program dan kegiatan prioritas sesuai kewenangan Kabupaten Jember," kata Thoif. Sebagai tindak lanjut, Pemkab Jember telah mengalihkan Rp 2,75 miliar untuk alat kesehatan 'emergency kit' dan poned.

Ketua Tim Anggaran Pemkab Jember Mirfano berterima kasih atas saran-saran dari Badan Anggaran DPRD Jember. "Semoga apa yang telah diberikan Badan Anggaran kepada kegiatan ini mudah-mudahan bisa bermanfaat kepada masyarakat, dan (anggota DPRD) bisa 'diparingi' masuk surga," katanya. [wir/suf]

Komentar

?>