Rabu, 22 Nopember 2017

Diskominfo Lumajang Latih OPD Tanggapi Pengaduan Warga

Kamis, 02 Nopember 2017 18:51:26 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Diskominfo Lumajang Latih OPD Tanggapi Pengaduan Warga

Lumajang (beritajatim.com) - Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Website tentang Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Online dan Aplikasi PPID Online di gedung Panti PKK, Rabu (01/11/2017) kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Admin PPID Pembantu dari seluruh OPD se-Kabupaten Lumajang. Dengan diselenggarakannya Bimtek tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi PPID Pembantu yang ada di masing-masing OPD sehingga kualitas pelayanan publik di Kabupaten Lumajang semakin meningkat.

Pemka Lumajang telah menyediakan laman khusus bagi pengaduan masyarakat secara online dengan mengunjungi laman pengaduan.lumajangkab.go.id. Dimana pengaduan masyarakat tersebut akan langsung diteruskan kepada instansi terkait untuk ditanggapi. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, Pemkab juga menyediakan perihal pengajuan permohonan informasi kepada OPD yang terkait dengan mengunjungi laman ppid.lumajangkab.go.id.

"Website resmi milik pemkab akan menjadi pusat pelayanan, karena tuntuan perkembangan zaman ditengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi," ungkap Kadiskominfo, Doni Fimbriyanto pada wartawan.


Lanjut dia, pihaknya meminta OPD yang ada di lingkup Pemkab Lumajang secara aktif menjawab pengaduan masyarakat. "Ketika ada pengaduan, kami minta para petugas OPD segera ditanggapi, pengaduan merupakan wujud komunikasi masyarakat dengan pemerintah, dalam hal ini pemerintah harus hadir," tuturnya.

Selain itu, Kepala Dinas Kominfo juga meminta admin PPID yang ada di masing-masing OPD lebih aktif memberitakan kegiatan instansinya. Di era keterbukaan informasi, masyarakat perlu mengetahui kegiatan di masing–masing OPD, hal ini juga dapat sebagai media pelaporan atas kegiatan yang telah diselenggarakan.

"Jangan sampai komunikasi buntu, Kominfo tujuannya dalam rangka menjembatani informasi, apapun yang ada di OPD njenengan silahkan diberitakan," ujar Doni.

Diskominfo juga memberikan pelayanan informasi dengan menyebarkan di media sosial. sehingga, informasi juga bisa langsung diketahui publik.(har/ted)

Komentar

?>