Selasa, 21 Nopember 2017

Puluhan Wartawan Dinyatakan Lulus Kompetensi

Sabtu, 21 Oktober 2017 22:44:23 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Puluhan Wartawan Dinyatakan Lulus Kompetensi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke 22 Propinsi Jawa Timur yang di selenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi berjalan sukses. Sebanyak 44 wartawan dari berbagai jenjang dinyatakan berhasil lulus kompetensi.

"Dari verifikasi data yang masuk terdapat 48 orang, tapi data terakhir hanya 47 wartawan. UKW dilakukan untuk 7 wartawan jenjang utama, 12 jenjang Madya dan 28 jenjang muda. Ada tiga yang tidak kompeten, 1 wartawan utama dan 2 dari jenjang muda," Kata Rita Sri Hastuti saat menyampaikan hasil Uji Kompetensi Wartawan, Sabtu (21/10/2017).

Bagi sejumlah, jurnalis momen ini menjadi sangat berharga. Pasalnya selain mendapat pengalaman baru, tentunya juga menambah ilmu dan wawasan di bidang jurnalistik.

"Saya sangat bahagia bisa menjadi bagian Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan oleh PWI Banyuwangi ini. Tentunya, ini adalah sebagai langkah baru untuk saya di dunia wartawan. Selain mendapat teman, tentunya ilmu yang saya dapat juga menambah pengetahuan di bidang saya ini," ujar Ahmad Hafiluddin, salah seorang jurnalis media online asal Banyuwangi ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan Daerah PWI Jatim, Djoko Tetuko dalam sambutannya berpesan, wartawan harus memegang teguh firman Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-'Asr. Dalam surat itu berisi, sesungguhnya semua manusia itu berada dalam keadaaan merugi. Kecuali, mereka selalu yang beramal saleh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

"Jika wartawan selalu ingat dan mampu mengamalkan apa yang saya katakan dari Al-Qur'an itu, Insya Allah masuk surga," ungkapnya.

Acara rangkaian UKW yang digelar selama dua hari tersebut ditutup oleh Perwakilan PWI Pusat yang diwakili oleh Anggota Komisi Kompetensi Wartawan, Djunaedi Tjunti Agus. Menurutnya, bagi wartawan yang telah lulus UKW harapnya mampu mengemban tugasnya sesuai dengan nilai kompetensinya.

"Sementara, bagi yang tidak lulus ini bukan kiamat masih bisa ikut UKW di periode berikutnya. Hari ini ada Uji Kompetensi yang sama di tiga tempat. Di Banyuwangi, Semarang dan Jakarta," jelasnya. [rin/but]

Tag : pwi

Komentar

?>