Selasa, 21 Nopember 2017

Kongres Partai Komunis China Berpengaruh ke Ekonomi

Rabu, 18 Oktober 2017 15:46:36 WIB
Reporter : -
Kongres Partai Komunis China Berpengaruh ke Ekonomi

Beijing (beritajatim.com) - Investor masih mencoba membaca hasil Kongres Partai Komunis China tahun ini. Investor mengantisipasi arah politik baru.

Pertemuan lima kali lima dimulai pada hari Rabu, dan diharapkan bisa menandai konsolidasi kekuatan lebih lanjut untuk Presiden Xi Jinping. Tapi, pertemuan tujuh hari tersebut mungkin juga memberikan petunjuk tentang apa yang akan dilakukan pemerintahannya karena ekonomi terbesar kedua di dunia bergulat dengan keprihatinan terus-menerus dari tiga dekade pertumbuhan yang sangat buruk.

Di permukaan, pertemuan tersebut kemungkinan akan "menyoroti tujuan jangka panjang Partai dan tugas utama untuk lima tahun ke depan, yang dapat menekankan kebutuhan untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, reformasi struktural, distribusi pendapatan dan stabilitas keuangan," para ekonom Nomura menulis dalam sebuah laporan terbaru

Di luar itu, para pengamat mengawasi tanda-tanda bagaimana China akan terus menghadapi masalah lama seperti utang perusahaan yang berlebihan di perusahaan milik negara, pasokan industri yang berlebihan, kekhawatiran tentang gelembung properti dan pencemaran lingkungan. Hasil upaya resmi untuk mengatasi masalah tersebut telah dicampur karena Beijing menyeimbangkan kebutuhan ekonomi dan sosial.

Ada yang berharap Xi yang lebih kuat akan bisa mendorong reformasi struktural dan ekonomi lebih teliti, tapi ada juga kekhawatiran bahwa pemerintah bisa kembali ke kebiasaan lama.

"Secara tradisional, aktivitas ekonomi, terutama pertumbuhan investasi dan kredit, cenderung meningkat pada tahun ini setelah Kongres Partai. Kami berharap kepemimpinan politik China akan bertindak berbeda kali ini," Emil Wolter, manajer portofolio pasar negara berkembang di grup manajemen aset Comgest, menulis. dalam catatan seperti mengutip cnbc.com.

Artinya, Wolter mengatakan ada bahaya bahwa Beijing akan memulai sebuah "pertumbuhan kualitas rendah" yang lebih rendah dari pertumbuhan PDB yang didorong oleh kekuatan pemerintah, daripada pertumbuhan "lebih baik kualitas, mandiri" yang menurunkan PDB.

China menargetkan pertumbuhan sekitar 6,5 persen tahun ini, dan juga mencari angka serupa dalam beberapa tahun ke depan. Tapi analis - yang banyak di antaranya telah menyatakan keraguan tentang kebenaran data China untuk memulai - pertanyaan apakah ini adalah rencana bijak untuk mencapai pertumbuhan yang begitu cepat.

Target "artifisial tinggi" tidak memberi banyak ruang bagi reformasi struktural, karena pertumbuhan sebagian besar didukung oleh permintaan eksternal dan stimulus pemerintah sekarang, kata Alex Wolf, ekonom pasar modal terkemuka di Aberdeen Standard Investments.

Sementara itu, Wolf mengatakan bahwa dia skeptis bahwa reformasi struktural dan pasar pada akhirnya akan dimainkan setelah Kongres.

Pada hari Senin, People's Bank of China mengutip gubernurnya, Zhou Xiaochuan, yang mengatakan bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia kemungkinan akan mencatat pertumbuhan sebesar 7 persen pada paruh kedua tahun ini karena pengeluaran rumah tangga yang cepat. Pertumbuhan PDB semester pertama 6,9 persen dan angka PDB kuartal ketiga akan dirilis pada hari Kamis. [but]

Sumber : inilah.com
Tag : pki

Komentar

?>