Sabtu, 18 Nopember 2017

Anas Ziarah ke Makam Bung Karno dan Minta Saran Tokoh PDIP Blitar

Rabu, 18 Oktober 2017 14:33:46 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Anas Ziarah ke Makam Bung Karno dan Minta Saran Tokoh PDIP Blitar

Surabaya (beritajatim.com) - Cawagub Jatim dari PDIP dan PKB, Abdullah Azwar Anas berziarah ke makam Proklamator dan Presiden Pertama Ir Sukarno (Bung Karno) di Blitar, Rabu (18/10/2017).

Berkemeja batik merah, Anas tiba di kompleks makam Bung Karno sekitar pukul 12.15 WIB. Bupati Banyuwangi itu berziarah bersama Walikota Blitar Samanhudi, Bupati Blitar Rijanto dan Wakil Walikota Blitar Santoso.

"Ini kunjungan pertama kami setelah kemarin ditugaskan untuk mengikuti proses politik di Jawa Timur. Penting bagi kita semua untuk menyerap inspirasi dari Bung Karno. Beliau bukan hanya berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia, tapi juga membangun paradigma bagaimana kita seharusnya berpikir sebagai sebuah bangsa," ujar Anas melalui rilis yang diterima beritajatim.com.

Menurut Anas, Bung Karno menekankan perhatian pada program kerakyatan sekaligus menjaga bingkai keindonesiaan bahwa negeri ini bukan hanya milik satu kelompok, tapi milik semuanya. Bung Karno menginginkan kebhinekaan tetap terjaga dan tidak terkoyak. "Dan itu yang harus kita tanamkan betul, terutama di generasi muda di era media sosial yang di dalamnya sekarang banyak sekali ujaran kebencian," ujar bupati berusia 44 tahun ini.

Anas menambahkan, Banyuwangi juga mempunyai program 'Ziarah Kebangsaan' yang secara berkala memberangkatkan para pelajar untuk berziarah antara lain ke makam Bung Karno.

"Baru saja belum lama ini kita berangkatkan pelajar ziarah ke Bung Karno. Kita ingin anak-anak muda menyerap inspirasi dari Bung Karno. Itu menjadi bekal untuk membentuk sikap berkebangsaan, menjadikan mereka sebagai anak muda yang siap menjaga negeri kita sebagai rumah yang ramah bagi kemajemukan," papar Anas.

Kesempatan di Blitar juga dimanfaatkan Anas untuk mencari masukan dari para tokoh dan kepala daerah. "Seperti program-program Pak Samanhudi ini bagus, beliau punya concern di bidang pendidikan dan ekonomi kerakyatan. Saya meminta masukan dari beliau, termasuk untuk perbaikan di Banyuwangi. Sinergi antar daerah ini penting untuk menyukseskan agenda Nawacita Presiden Jokowi," ujar Anas.

Seusai berziarah, Anas tampak berbicara khusus berempat dengan Samanhudi, Santoso, dan Rijanto.

Walikota Blitar yang juga Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Samanhudi, mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan Anas. Bersama para kader, PDIP Kota Blitar siap menyukseskan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Anas dalam pilgub Jatim 2018 mendatang.

"Kami siap mendukung, dan pasti bekerja secara sistematis untuk mengamankan rekomendasi partai," ujar Samanhudi.

Senada dengan Samanhudi, Rijanto juga menyatakan siap menyukseskan pasangan Gus Ipul-Anas. "Kita bergotong-royong bersama mengawal pasangan ini," ujar kader PDIP tersebut.

Usai dari makam Bung Karno, Anas meluncur ke kediaman Wakil Bupati Blitar yang juga ketua DPC PDIP Kabupaten Blitar, Marhaenis Urip Widodo. Keduanya menggelar pertemuan tertutup bersama Ketua DPRD Blitar Suwito Saren dan Ketua Fraksi PDIP DPRD Sugeng Suroso. [tok/but]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>