Rabu, 22 Nopember 2017

Sejumlah Taman di Lumajang Dipercantik

Sabtu, 14 Oktober 2017 10:30:13 WIB
Reporter : Harry Purwanto
Sejumlah Taman di Lumajang Dipercantik

Lumajang (beritajatim.com) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang mengubah wajah taman di sejumlah wilayah untuk memperkenalkan ciri khas potensi budaya dan sejarah kaki Gunung Semeru untuk lebih cantik. Hal ini untuk menampilkan identitas dan jatidiri peradaban masyarakat Kota Pisang.

Perubahan itu akan dimulai dari wilayah Perbatasan Utara dengan memasang dua patung jaran kencak. "Kita pasang patung disana, karena kesenian itu sebuah kekayaan tak benda diakui oleh Kementerian," ujar Kadis LH, Nurul Huda pada wartawan, Jum'at (13/10/2017).

Lanjut dia, wilayah utara pada taman perbatasan juga ada lampu warna-warni dengan motif banyak buah-buahan. Selain itu, ada pot bunga dengan tanaman asli Lumajang. "Jadi saat masuk perbatasan Lumajang-Probolinggo, orang sudah tahu ada di Kota Lumajang," jelasnya.

DLH juga akan mengganti perwajahan taman pertigaan Wonorejo dengan nama 'Taman Wiraraja'. Di sana akan banyak bercerita tentang kerajaan Lamajang pada tembok sisi timur. "Kenapa dikasih nama taman Wiraraja, karena Wonorejo sudah dekat bekas benteng kerajaan Lamajang," jelasnya.

Selain itu, di dekat Jembatan Abang di Kelurahan Citrodiwangsan ada taman Bahagia bersanding dengan Tugu Perjuangan Kyai Ilyas. "Kita akan percantik semua taman dengan kekhasan Lumajang," pungkasnya. (har/kun)

Komentar

?>