Selasa, 24 Oktober 2017

Komik Arya Penangsang, Juarai Lomba Komik Sejarah Tingkat Jawa Timur

Jum'at, 13 Oktober 2017 10:14:30 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Komik Arya Penangsang, Juarai Lomba Komik Sejarah Tingkat Jawa Timur

Bojonegoro (beritajatim.com) - Setelah bersaing dengan sejumlah komikus tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di seluruh Jawa Timur, pelajar dari SMA Negeri 1 Dander, Kabupaten Bojonegoro berhasil nangkring di tangga juara tiga.

Dengan menulis komik sejarah berjudul Dendam Ki Ageng Pamanahan, Gugurnya Arya Penangsang, mereka berhasil menyingkirkan sekitar 70 komikus tingkat pelajar SMA sederajat.

"Alamdulillah SMA Negeri 1 Dander mewakili Kabupaten Bojonegoro berhasil meraih predikat Juara 3," ujar Guru Sejarah SMA Negeri 1 Dander, Achmad Satria Utama, Jumat (13/10/2017).

Dia mengatakan, dalam kriteria penilaian, ada hal penting yang membuat komik yang diilustratror Andra siswa kelas XI IPA 1 dan timnya itu juara, yakni dari segi isi dan kesesuaian cerita, kesesuaian dengan fakta sejarah, penggunaan bahasa dan kualitas gambar.

Sekadar diketahui, lomba komik sejarah tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat, itu dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Cagar Budaya dan Sejarah.

"Sejak Juni 2017, sudah mulai menjaring bakat dan minat siswa-siswi di Jawa Timur baik tingkat SMP dan SMA sederajat," tutur kepala Bidang Cagar Budaya dan Sejarah Disbudpar Provinsi Jawa Timur, Endang Pasanti.

Tema Lomba Komik Sejarah Kotaku diikuti oleh 70 peserta setingkat SMA. "Dari penjaringan peserta sampai dengan tanggal 29 September 2017 yang tingkat SMA sederajat ada lebih dari 70 karya komik yang sudah kami terima," kata Kasi Sejarah yang merupakan panitia Lomba Komik, I Gede Ariawan. [lus/kun]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>