Jum'at, 20 Oktober 2017

Wisata-Kuliner Cara PDIP Eratkan Kebhinekaan

Sabtu, 30 September 2017 16:04:29 WIB
Reporter : -
Wisata-Kuliner Cara PDIP Eratkan Kebhinekaan

Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDI Perjuangan) menggelar Rapat Koordinasi tahun 2017 sekaligus Seminar Nasional dengan tema Merekatkan Kebhinekaan Melalui Pariwisata dan Kuliner.

Pada tahun ini Rakorbid mengusung tema Merekatkan Kebhinekaan melalui Pariwisata. Tema ini sesuai dengan kondisi negara Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote, terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia atau tepatnya 1.340 suku bangsa dengan beraneka ragam budaya yang mengikutinya," kata Ketua DPP PDI Perjuaangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani di Kantor DPP PDI Perjuangan Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/2017).

"Keanekaragaman inilah yang menjadi nilai beda dalam pembangunan kepariwisataan di Indonesia, sambung Anggota DPR RI Komisi X Fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Acara Rakorbid dibuka oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Rokarbid diisi dengan seminar dan diiringi dengan pelaksanaan pameran kuliner yang telah dimulai acaranya kemaren pada tanggal 29 September 2017 di Taman Mini Indonesia Indah dan berakhir tanggal 1 Oktober 2017 yang mengusung tema Pesona Kuliner Nusantara.

Pembicara seminar pada Rakorbid ini adalah Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Bapak Triawan Munaf, dan Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah. Pembicara seminar juga dilengkapi dengan pelaku Industri Pariwisata (CEO Panorama Group), Bapak Budi Tirta dan Pakar Wisata, Bapak Sapta Nirwandar, ungkapnya.


Pada acara ini, kata Wiryanti, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan akan menyampaikan rencana dan program Pemerintah untuk menghubungkan seluruh wilayah nusantara, terutama terkait aksesibilitas dan konektivitas dari dan ke berbagai destinasi wisata di seluruh tanah air.

Sedangkan Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata, akan menyampaikan program-program pembangunan pariwisata, baik dari sisi destinasi pariwisata, industri pariwisata, pemasaran pariwisata, dan kelembagaan pariwisata sehingga tercipta sinergitas antara program pariwisata di daerah dan program pariwisata nasional.

Selain itu yang tidak kalah penting, nanti Bapak Triawan Munaf selaku Kepala Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, diharapkan mampu memberikan gambaran aktifitas ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan di destinasi wisata sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi terutama bagi masyarakat lokal di sekita kawasan-kawasan wisata di seluruh tanah air, tuturnya.

Sebagai sarana untuk mengetahui geliat tantangan pembangunan pariwisata di daerah dan tips-tips untuk menghindari masalah dan meminimalisir masalah kepariwisataan di daerah, lanjut Wiryanti, sebagai nara sumber adalah Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah. Kemudian pengayaan informasi terkait industri pariwisata sebagai pembicara adalah Budi Tirta selaku CEO Panorama Group.

Juga tidak kalah pentingnya adalah merancang inovasi sektor pariwisata melalui kebhinekaan Indonesia agar memiliki nilai competitive advantage sehingga mampu menarik minat dan kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara disampaikan oleh Bapak Sapta Nirwandar, tandasnya.

Wiryanti menyatakan bahwa visi dari DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata adalah terwujudnya pariwisata Indonesia yang berkelanjutan untuk menghapus kemiskinan dan mendorong pembangunan nasional dengan tetap berpedoman pada Trisakti yakni: berdaulat dalam politik melalui pembangunan karakter bangsa dan memperat kerukunan bangsa dengan saling berkunjung melalui pariwisata; berdikari dalam ekonomi, melalui pembangunan ekonomi kerakyatan dan kemandirian pangan melalui kuliner nusantara; serta berkepribadian dalam budaya, melalui konservasi budaya dan menjaga kearifan lokal.[inlah.com]

Tag : pdip megawati

Komentar

?>