Senin, 11 Desember 2017

Baguna PDIP Jatim Kirim Relawan dan 300 Ribu Masker

Selasa, 26 September 2017 20:17:26 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Baguna PDIP Jatim Kirim Relawan dan 300 Ribu Masker

Surabaya (beritajatim.com) - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDIP Jatim memberangkatkan 15 orang relawan, tim dokter dan paramedis ke Bali untuk membantu penanganan pengungsi menghadapi bencana letusan Gunung Agung.

Selain itu, Baguna juga mengirimkan bantuan obat-obatan, 300 ribu masker dan makanan ke kantong pengungsian warga terdampak Gunung Agung di Bali.

"Kami mengirimkan obat-obatan, masker dan 15 relawan tujuan kami adalah untuk meringankan beban warga Bali," kata Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno didampingi Ketua Baguna PDIP Jatim Gianto kepada wartawan di kantornya, Selasa (26/9/2017).

Menurut dia, setelah sampai di Bali, Baguna PDIP Jatim akan berkoordinasi dengan DPD PDIP Bali. Mereka akan ditempatkan di lokasi pengungsian selama 15 hari.

"Kalau awalnya kemungkinan 15 hari, tetapi bisa juga diperpanjang tergantung dengan kondisi di lapangan," tukas Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim ini.

Untari menjelaskan, bantuan obat dan makanan itu merupakan urunan dari kader PDIP Jatim, baik yang menjabat sebagai anggota legislatif dan kepala daerah. Total sumbangan yang dikumpulkan dari para kader mencapai Rp 300 juta. "Itu urunan dari para kader, simpatisan dan mereka yang duduk di legislatif maupun kepala daerah," tuturnya.

Para relawan yang ada Bali nantinya akan mendirikan posko pengungsian untuk membantu makanan dan memeriksa kesehatan pengungsi. Tim relawan juga menyediakan mobil ambulance untuk mengantisipasi pengungsi yang kondisinya kritis.

"Tim juga bisa memasak dan disediakan dokter. Mereka cukup berpengalaman di bidang sosial dan sudah punya jam terbang tinggi," imbuhnya.

Selain memberangkatkan tim relawan, PDIP Jatim juga meminta DPC PDIP Banyuwangi dan Situbondo menyiapkan tenda pengungsian. Langkah itu dilakukan untuk menampung pengungsi dari Bali dan korban di wilayah tersebut jika terjadi letusan. (tok/kun)

Komentar

?>