Jum'at, 20 Oktober 2017

Bupati Faida Dukung Perda Miras Hasil Prakarsa Dewan

Selasa, 26 September 2017 17:18:21 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Bupati Faida Dukung Perda Miras Hasil Prakarsa Dewan

Jember (beritajatim.com) - Bupati Faida mendukung Peraturan Daerah tentang Pengendalian Peredaran Minuman Keras yang diprakarsai DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Dukungan ini disampaikan dalam Sidang Paripurna Pembacaan Tanggapan Bupati terhadap Tujuh Rancangan Perda Prakarsa DPRD, di gedung DPRD Jember, Selasa (26/9/2017). "Selama ini, Pemerintah Jember telah melakukan pencegahan dan penindakan terhadap penyalahgunaan peredaran minuman keras, walaupun belum ada regulasi daerah yang mengatur pembatasan dan pengendaliannya," kata Faida.

Faida mencontohkan penutupan Kafe Cloud Nine beberapa waktu lalu. "Adanya raperda ini sangat diperlukan untuk mengisi kekosongan hukum mengenai pembatasan dan pengendalian minuman keras," katanya.

Faida berharap, dalam raperda yang dibahas tersebut ada rincian mengenai klasifikasi jenis minuman beralkohol yang dilarang dan dibatasi di Kabupaten Jember. "Sehingga raperda ini tidak tertekan copy paste (menjiplak) dari perundang-undangan yang lebih tinggi," katanya.

Faida meminta agar Satuan Polisi Pamong Praja dilibatkan dalam pengawasan dan penindakan terhadap penyedia minuman keras ilegal. Satpol perlu diberi kewenangan sebagai penegak perda, melalui koordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya. "Perlu juga adanya pengaturan syarat dan jarak tempat pengedaran minuman beralkohol dengan sekolah dan tempat ibadah," katanya.

Selain Rancangan Peraturan Daerah mengenai Pengendalian Peredaran Minuman Keras, DPRD Jember memprakarsai Raperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan; Raperda tentang Penataan Kawasan Perumahan dan Permukiman; Raperda tentangPelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Kabupaten Jember; Raperda tentang Perlindungan Tenaga Kerja Lokal; Raperda tentang Baca Tulis Al-Qur’an; dan Raperda tentang Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah. [wir/but]

Komentar

?>