Senin, 11 Desember 2017

Gelar Nobar Film G 30 S/PKI

TNI dan Polisi Kirim Doa untuk Pahlawan Revolusi

Minggu, 24 September 2017 01:38:34 WIB
Reporter : Samsul Arifin
TNI dan Polisi Kirim Doa untuk Pahlawan Revolusi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Kegiatan nonton bareng (nobar) Film pengkhianatan G 30S/ PKI yang digelar oleh Koramil 0825/21 Kalipuro, diawali dengan menggelar doa bersama. Tujuannya untuk memberikan penghormatan sekaligus mendoakan para pahlawan revolusi yang menjadi korban kekejaman PKI.

Acara ini tak hanya dihadiri oleh kalangan anggota Koramil, tapi juga segenap Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) termasuk Polisi dan warga. Mereka nampak khidmat saat tokoh agama setempat memimpin untuk memanjatkan doa.

"Tidak sekadar menggelar nonton bersama, tapi kita juga menggelar doa yang ditujukan untuk Pahlawan Revolusi," ungkap Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 0825 Banyuwangi, Mayor Arh M. Ridwan, usai nonton bareng di halaman Koramil Kalipuro, Sabtu (23/9/2017).

Selain itu, kata Ridwan, secara khusus acara tersebut memang bertujuan untuk kembali mengingat sejarah kelam masa lalu. Yakni, negeri ini pernah dikhianti oleh bangsa sendiri yang tidak lain dilakukan oleh kaun komunis.

"Kita gelar untuk mengingatkan pada kita semua bahwa kita punya sejarah kelam yaitu pengkhianatan dan pemberontakan G 30 S/PKI, yang tujuannya untuk merubah ideologi negara dari Pancasila ke komunis," jelas Ridwan.

Sebenarnya pemutaran film ini telah diawali oleh jajaran anggota Kodim 0825 Banyuwangi di Makodim setempat. Namun rencananya, kegiatan serupa akan diikuti oleh masing-masing Markas Koramil di 25 kecamatan di Kota Gandrung ini.

"Harusnya, pemutaran fiml ini tanggal 30 September, tapi kami mendapat perintah untuk memutar film ini mulai tanggal 21 hingga 30 September mendatang," terang Komandan Koramil 0825/21 Kalipuro, Lettu (Inf) Misdari.

Meskipun, pemutaran film G 30 S/ PKI ini tak sesuai dengan format atau lebib pendek, namun penonton yang didominasi oleh kalangan pemuda itu tetap antusias. Bahkan, mereka terlihat khidmat menikmati setiap adegan hingga cerita terakhir. [rin/but]

Tag : pki

Komentar

?>