Kamis, 23 Nopember 2017

Diduga Terjadi Mark Up

Puluhan Warga Guluk-guluk Protes Proyek DD/ADD

Jum'at, 22 September 2017 22:31:52 WIB
Reporter : Temmy P.
Puluhan Warga Guluk-guluk Protes Proyek DD/ADD

Sumenep (beritajatim.com) - Puluhan warga Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, 'geruduk' kantor kecamatan setempat, Jumat (22/9/2017). Mereka memprotes sejumlah pekerjaan proyek yang dibiayai melalui dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD), karena diduga terjadi 'mark up' anggaran dan tidak sesuai bestek.

"Salah satunya pembelian semen. Per zak dianggarkan Rp 69 ribu. Padahal mayoritas harga semen per zak hanya Rp50 ribu. Selain itu, di RAB dianggarkan pengaspalan. Tapi kenyataannya tidak diaspal. Hanya dikerjakan berbentuk lapen," kata juru bicara warga, Subli.

Selain itu, realisasi DD-ADD tahun 2015 terpusat di satu dusun, yakni di Dusun Gang Asem. Padahal keseluruhan di Desa Guluk-guluk ada 14 dusun, sehingga pemerintah desa terkesan mengabaikan 13 dusun lainnya.

Subli juga memaparkan temuan pekerjaan jalan di Dusun Guluk-Guluk Timur bagian utara, yang diguga tidak sesuai bestek. Indikasinya, pekerjaan yang dibiayai melalui ADD hanya memakai batu pecah ukuran 15x30.

Sementara di RAB pekerjaan itu memakai batu pecah ukuran 15x20 dan batu pecah ukuran 10x15. Setelah itu dipasangi batu pecah ukuran 4x7, kemudian diatasnya dipasang pasir batu (sirtu) atau serbuk batu putih, baru kemudian di wales.

"Tapi realisasinya, pengerjaan jalan disitu hanya memakai batu ukuran 15x10. Sehingga kondisi jalan saat ini tidak bisa dilalui. Ini kan berarti mubadzir," ujarnya.

Kondisi tersebut menurut Subli, terus terjadi hingga tahun 2017. Beberapa proyek di Desa/Kecamatan Guluk-Guluk tanpa dilengkapi prasasti atau papan nama.

"Ternyata belum ada perbaikan hingga saat ini. Karena itu, kami harap camat menindaklanjuti temuan kami. Jika tidak, terpaksa kami bawa ke ranah hukum," ancamnya.

Sementara Camat Guluk-Guluk, Sutrisno menanggapi santai protes sejumlah masyarakat tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk apresiasi untuk mengawal realisasi program DD-ADD di Desa/Kecamatan Guluk-Guluk.

"Aspirasi masyarakat ini bagus, untuk mengingatkan supaya pelaksanaan DD/ ADD sesuai juknis. Tidak masalah kalau masyarakat mengawal pekerjaan proyek di desa," ucapnya singkat. [tem/suf]

Tag : dana desa

Komentar

?>