Sabtu, 16 Desember 2017

Ribuan Santri Tebuireng Antusias Nobar Film G30S/PKI

Jum'at, 22 September 2017 00:07:51 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Ribuan Santri Tebuireng Antusias Nobar Film G30S/PKI

Jombang (beritajatim.com) – Sekitar 2.000 santri PP (Pondok Pesantren) Tebuireng Jombang antusias mengikuti nobar (nonton bareng) film 'Pengkhianatan G30S/PKI' yang diputar area parkir pesantren tersebut, Kamis (21/9/2017) malam.

Layaknya santri, mereka datang mengenakan peci warna putih lengkap dengan kain sarung. Para santri itu duduk secara lesehan. Sementara sebuah layar berukuran besar sudah berdiri di depan deretan para santri tersebut. Begitu film diputar, mereka konsentrasi melihat adegan demi adegan.

Selain para santri dan ustad, sejumlah anggota TNI dari Koramil Diwek Jombang juga terlihat ikut menyaksikan film yang disutradarai Arifin C Noer itu. Ketika adegan ngeri, tidak jaran para santri yang masih duduk di bangku SMP dan SMA tersebut sibuk menutup muka.

Khoiri, salah satu santri mengatakan, film 'Pengkhianatan G30S/PKI' bisa memberikan wawasan sejarah bagi dirinya. Karena selama ini, anak-anak seusia dirinya mengetahui wawasan tersebut hanya dari buku. Bukan dari bangku sekolah.

"Dengan film tersebut kami semakin yakin bahwa komunisme tidak boleh tumbuh di Indonesia. Karena ideologi tersebut bertentangan dengan Pancasila. Selama ini kami hanya mengetahui sejarah peristiwa 1965 dari cerita dan dari buku," ujar santri asal Banten ini.

Direktur Pembinaan Lembaga Pendidikan Pesantren Tebuireng, Kusnadi Said mengatakan, acara nobar tersebut untuk memberi wawasan sejarah kepada para santri. Selain itu juga sebagai media pengingat bahwa peristiwa kelam tersebut jangan sampai terulang lagi.

"Ada sekitar 2000 santri yang ikut nobar malam ini. Mereka rata-rata masih duduk di bangku SMP hingga setingkat SMA. Pemutaran film ini sebagai tindak lanjut dari isntruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo," ujar Kusnadi di sela acara. [suf]

Tag : G30S/PKI

Komentar

?>