Rabu, 18 Oktober 2017

Mendagri Dukung Wacana Pembuatan Film G30S/ PKI Versi Baru

Rabu, 20 September 2017 22:04:28 WIB
Reporter : -
Mendagri Dukung Wacana Pembuatan Film G30S/ PKI Versi Baru

Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendukung wacana pembuatan film G30S/PKI versi baru seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Sebab, kata Tjahjo, pembuatan film itu bertujuan untuk meluruskan sejarah dan memberi pemahaman pada seluruh masyarakat Indonesia.

"Niat Presiden itu didasari bahwa beliau ingin meluruskan tapak sejarah perjuangan bangsa dengan benar, tanpa ada rekayasa," kata Tjahjo, Rabu (20/9/2017).

Menurut dia, Presiden ingin fokus melakukam penelusuran sejarah. Mulai dari awal kemerdekaan hingga masa reformasi dan berlangsungnya G30SPKI.

"Jangan ada manipulasi dan rekayasa. Ini (pelurusan) akan berikan pemahaman kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Tjahjo.

Namun demikian, dia engga memberi komentar Apakah ada sejarah yang tidak lurus, dari film lama. Yang pasti, kata dia, pembuatan film itu bertujuan membuat penyegaran di film itu.

"Pengertian daur ulang yang fresh adalah sejarah yang lurus, benar, tanpa manipulasi dan sejarah yang tanpa menonjolkan seseorang, kelompok, dan sebagainya," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan kebijakan untuk memperbarui film G30S/PKI. "Menonton film, apalagi mengenai sejarah itu penting. Tapi, untuk anak-anak millenial, tentu mesti dibuatkan lagi film yang bisa masuk ke mereka. Biar mereka paham bahaya komunisme, biar tahu juga mengenai PKI," kata Presiden, Senin 18 September 2017. [inilah.com]

Tag : G30S/PKI

Komentar

?>