Minggu, 22 Oktober 2017

Semeru Festival 2017: Wujudkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

Rabu, 20 September 2017 21:17:10 WIB
Reporter : Harry Purwanto

Lumajang (beritajatim.com) - Semeru Festival merupakan gelaran festival yang bertepatan dengan Hari Raya Karo masyarakat adat Tengger di wilayah Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro.

Kegiatan itu, menampilkan budaya adat dan seni yang bersumber dari kearifan lokal masyakat setempat serta seniman luar daerah.

Semeru Festival ini diselenggarakan dalam rangka mengangkat dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang adat Tengger sebagai budaya lokal khususnya hari raya Karo.

Tujuannya menjadi salah satu daya tarik untuk diapresiasi dan dikunjungi, sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan dan kesejahteraan bagi warga setempat.

"Melalui event yang digelar, selain itu acara ini memiliki filosofi penting dalam kehidupan masyarakat khususnya bagi suku Tengger," kata Bupati As'at pada wartawan, Rabu(20/9/2017).

Event ini akan digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pada hari Minggu, 24 September 2017, jam 09.00 WIB hingga selesai di Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro.

Dengan menampilkan seni budaya masyarakat setempat seperti Tayub, Jaranan Ranu Pani, Bantengan serta penampilan seni lainnya yang diawali dengan arak-arakan Gunungan dari penjuru desa dan upacara adat masyarakat Tengger Ranu Pane.

"Jadi kegiatan ini murni yang melakukan warga Tengger di Ranu Pani. Apalagi kawasan ini jalur pendakian ke Puncak Tertinggi di pulau Jawa," jelasnya.

Semeru Festival sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal Masyarakat Adat Tengger khususnya di Ranupani dan potensi wisata Gunung Semeru dan sekitarnya sebagai salah satu daya tarik wisata unggulan Kabupaten Lumajang.

Diharapkan dengan adanya Semeru Festival ini memberikan dampak positif khususnya pada kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi berbasis wisata dan budaya tanpa menginggalkan nilai adat yang sudah ada.

"Kita tidak melihat sektor PAD, tapi manfaat ekonomis masyarakat Ranu Pani dan sekitarnya," papar As'at.

Event Semeru Festival digelar sejak tahun 2016 dan tahun 2017 untuk kedua kalinya. (har/ted)

Berita Terkait

    Komentar

    ?>