Senin, 20 Nopember 2017

Penerbangan Perintis Buka Rute Sumenep - Pulau Pagerungan

Kamis, 14 September 2017 14:02:29 WIB
Reporter : Temmy P.
Penerbangan Perintis Buka Rute Sumenep - Pulau Pagerungan

Sumenep (beritajatim.com) - Penerbangan perintis dari Bandara Trunojoyo Sumenep akan mengalami perubahan rute di tahun 2018. Khusus rute Sumenep - Surabaya, akan dialihkan menjadi Sumenep - Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken.

"Untuk rute Sumenep - Surabaya dan sebaliknya, akan dilayani penerbangan komersil. Karena sudah ada penerbangan komersil, maka penerbangan perintis harus dialihkan. Tidak boleh ada rute yang sama untuk penerbangan perintis dan komersil. Karena itu, rutenya dialihkan menjadi Sumenep - Pulau Pagerungan," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Kamis (14/09/2017).

Menurutnya, perubahan rute penerbangan perintis tersebut akan dimulai pada 2018. Sedangkan hingga akhir 2017, penerbangan perintis rute Sumenep - Surabaya masih akan mendampingi penerbangan komersil.

"Dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memprogramkan penerbangan perintis Sumenep-Pagerungan sebagai program 2018," terangnya.

Sejak Mei 2015, Bandara Trunojoyo Sumenep menjadi bandara yang digunakan untuk penerbangan pesawat perintis atau bersubsidi yang merupakan program Kemenhub. Operator penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo Sumenep mulai Januari 2016 adalah PT Airfast Indonesia, dengan pesawat terbang jenis Twin Otter DHAC 300 berkapasitas 15 penumpang.

Rute penerbangan perintis yang dilayani pesawat milik PT Airfast Indonesia adalah Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, Surabaya-Bawean dan sebaliknya, Surabaya-Karimunjawa dan sebaliknya, serta Karimunjawa-Semarang dan sebaliknya, dengan frekuensi dua kali penerbangan dalam sepekan.

"Untuk penerbangan Sumenep - Pagerungan, bandara yang digunakan adalah bandara milik Kangean Energy Indonesia (KEI)," terang Wahyu.

Pemerintah Kabupaten Sumenep mengajukan permohonan kepada SKK Migas dan Kangean Energy Indonesia (KEI) agar Bandara Pagerungan bisa dimanfaatkan sebagai bandara perintis, untuk rute Bandara Trunojoyo - Pagerungan.

"Ternyata manajemen KEI tidak keberatan Bandara Pagerungan dimanfaatkan sebagai bandara perintis. Tapi memang ada beberapa hal yang harus disiapkan pemkab. Diantaranya menyiapkan terminal penumpang dan beberapa fasilitas lain," ucapnya. (tem/kun)

Komentar

?>