Senin, 20 Nopember 2017

Pilgub Jatim 2018

Hasto: PDIP, PKB, Golkar dan PPP Akan Usung Cagub Jatim

Minggu, 10 September 2017 15:37:45 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Hasto: PDIP, PKB, Golkar dan PPP Akan Usung Cagub Jatim

Malang (beritajatim.com) - Sejumlah Kepala Daerah di Jawa Timur turut hadir dalam Peresmian Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang di Jalan Raya Mojosari, Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen, Minggu (10/9/2017).

Hadir dalam peresmian itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Kepala Daerah yang terlihat hadir diantaranya Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana.

Lalu ada nama Budi Kanang Sulistiyo yang kini masih menjabat Bupati Ngawi. Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Walikota Probolinggo Rukhmini Buchori. Walikota Blitar Samanhudi dan sejumlah Kepala Daerah lainnya.

Saat ditanya siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan diusung PDIP? Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membeberkan, sudah ada nama-nama yang masuk bursa pencalonan.

“Kalau nama-namanya sudah ada, kemarin Pak Ahmad Basarah sudah ditugaskan Ibu Mega. Untuk mendengarkan dialog juga dengan Kiai sepuh perihal peran NU. Karena di Jatim ini secara historis dan kultural, peran NU sangat penting. Maka kami datang untuk mendengarkan masukan dari Kiai sepuh juga untuk menentukan siapa calon yang tepat,” kata Hasto.

Ia menjelaskan, nama-nama tersebut sudah dibawa, setelah langkah konsolidiasi, baru diumumkan siapa calon terbaik yang diusung PDIP.

Siapa nama-nama itu? “Nanti saja. Dalam waktu dekat akan kita ambil keputusan, karena ini merupakan tahapan, setelah konsolidasi dilakukan, setelah Ibu Mega melihat persiapan secara langsung dari jajaran partai. Mengingat Pilkada adalah sebuah proses kolektif dan gotong royong,” paparnya.

Masih kata Hasto, calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur diharapkan mengambil langkah strategis tanpa diperlukan biaya politik yang sangat besar untuk memimpin Jatim.

“Hari ini belum kita umumkan, tapi arah sudah jelas, nanti kita gabungkan masukan dari partai dan masukan dari Kiai NU serta pemetaan poitik. Sehingga, calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, baru final kalau Ibu Mega sudah mengeluarkan surat rekomendasi yang ditanda tangani beliau dan partai sudah melakukan tahapan strategis,” tegasnya.

Hasto menambahkan, sejumlah nama memang sudah masuk PDIP untuk dilakukan penetapan. PDIP juga sudah melakukan mekanisme melalui pendaftaran yang sudah dilakukan.

Secara keseluruhan, PDIP siap bekerjasama dengan partai lain di Jatim. “Kita upayakan gotong royong ketika kita berkomitmen dengan partai lain. Dengan PKB realitas PKB dilapangan sendiri sangat penting di Jatim, kemudian dengan Partai Golkar dan PPP juga kita lakukan dialog,” pungkasnya. (yog/ted)

Tag : pdip

Komentar

?>