Jum'at, 20 Oktober 2017

Komisi III Minta Pembangunan Stadion GJS Tepat Waktu

Selasa, 05 September 2017 17:26:59 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Komisi III Minta Pembangunan Stadion GJS Tepat Waktu
Stadion Joko Samudra Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gresik meminta pembangunan Stadion Gelora Joko Samudro, atau GJS tepat waktu.

Penegasan itu disampaikan oleh Ketua Komisi III Syafi' AM saat memimpin inspeksi mendadak di stadion yang berkapasitas 20 ribu penonton itu. Inspeksi mendadak dilakukan karena proyek multi years tersebut yang dimulai sejak tahun 2015 hingga saat ini belum selesai.

Sampai saat ini, pengelolah Stadion GJS yakni Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik masih menyelesaikan sejumlah pembangunan di dalam stadion. Pembangunan yang dimaksud diantaranya tribun penonton, sentel ban stadion, lintasan atletik, dan pagar penonton. Sesuai kontraknya, pembangunan tersebut ditarget selesai November 2017. Sedangkan pengerjaan proyeknya baru berjalan 60 persen.

Ketua Komisi III DPRD Gresik, Syafi' AM mengatakan, nilai kontrak untuk pembangunan itu mencapai sekitar Rp 7,3 miliar. Besarnya anggaran tersebut membuat komisinya melakukan sidak dengan sejumlah anggotanya mengingat anggaran yang digunakan dari APBD.

"Pembangunan tribun penonton, sentel ban, serta lintasan atletik sudah ada progres. Tapi, kami berharap kontraktor yang menggarap yakni PT Moderna Teknik Perkasa tidak molor saat menyelesaikan pembangunan itu. Sebab, kalau molor otomatis anggarannya bisa membengkak mengingat anggaran yang digunakan dari APBD dan harus dipertanggungjawabkan," ujarnya, Selasa (8/09/2017).

Berdasarkan laporan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Gresik, secara fisik pembangunan Stadion Gelora Joko Samudro masih dalam tahap penyelesaian beberapa sudut karena ada tambahan. Sedangkan untuk lapangan, atau rumputnya sudah bisa digunakan pertandingan. Panjang lapangan Stadion GJS memiliki panjang 105 meter. Lebar lapangannya ada 70 meter, stadion tersebut juga dilengkapi dengan tribun ekonomi dan VIP serta lampu sorot sebanyak 12 buah dengan standar internasional di tiap sudut lapangan.

Menanggapi laporan itu, Ketua Komisi III Syafi' AM tetap meminta agar proyek pembangunan Stadion GJS memperhatikan waktu pengerjaan. Pasalnya, berdasarkan pengalaman dalam proyek pembangunan anggaran yang sudah dianggarkan biasanya bertambah karena pengerjaannya tidak tepat waktu.

"Meski sudah ada laporan kami dari komisi III tetap akan melakukan sidak lagi saat pengerjaannya selesai," tuturnya.

Hal senada juga dikemukakan oleh anggota Komisi III Edi Santoso. Politisi dari Partai Demokrat itu meminta tidak boleh ada perpanjangan waktu karena dalam adendum proyek sudah disepakati tidak ada perpanjangan waktu dalam pengerjaan.

"Meski ada tambahan penambahan perubahan pembuatan pagar penonton yang semula 2 inci menjadi 4 inci tetap tidak ada perpanjangan waktu. Sebab, kalau sampai terjadi ujung-ujungnya pasti minta tambahan anggaran," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga Dispora Gresik, Suwarno menuturkan, pihaknya optimis pengerjaan proyek tribun penonton, sentel ban stadion, lintasan atletik, dan pagar penonton selesai tepat waktu, dan tidak molor. Pasalnya, pengerjaan tersebut hanya sebagian kecil dan tidak membutuhkan waktu banyak.

"Kami optimis tepat waktu mengingat sebab, targetnya tahun depan Stadion GJS bisa beroperasi secara penuh untuk menunjang aktifitas kegiatan olahraga tidak hanya di Gresik melainkan juga secara nasional," paparnya.

Konsultan kontraktor PT Moderna Teknik Perkasa, Ibnu Subekti dari CV Amorete Consolindo menyatakan saat ini pengerjaan tinggal lintasan atletik yang nantinya dicor beton sebelum nantinya diatasnya dilapisi karet sintetis. Pengerjaan tersebut tidak membutuhkan waktu lama termasuk diantaranya pengerjaan tribun dan pagar pembatas penonton.

"Semuanya pengerjaan itu sudah on schedule dan dijamin tidak molor. Bahkan, adanya sidak ini malah membuat tenaga proyek kami bersemangat lagi agar bisa menyelesaikan tepat waktu," tandasnya. [dny/ted]

Komentar

?>