Kamis, 23 Nopember 2017

Sejumlah Desa di Kabupaten Kediri Belum Rampungkan Laporan Dana Desa

Jum'at, 25 Agustus 2017 16:14:03 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Sejumlah Desa di Kabupaten Kediri Belum Rampungkan Laporan Dana Desa

Kediri (beritajatim.com) - Seluruh kepala desa di Kabupaten Kediri mengikuti sosialisasi Dana Desa (DD) oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D). Dalam kegiatan itu mengundang beberapa narasumber dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, dari BPMPD, maupun dari Kantor Pajak.

Para kades sebanyak 343 orang saling berdikusi dengan penegak hukum, bagaimana cara pengelolaan DD sehingga pembangunan berjalan cepat dan tidak tersandung masalah hukum.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri Satirin mengatakan, acara ini bertujuan agar pelaksanaan pengelolahan desa,  bisa berjalan sesuai prosedur. Pihaknya mengudang Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri untuk memberikan arahan prosedur pengelolaan DD.

"Saya bersyukur ada teman yang membimbing para kepala desa dalam hal penggunaan anggaran pemerintah, sehingga apabila ada kesulitan bisa berkonsultasi. Bila nanti ingin mendampingi penggunaan anggaran bisa dilakukan dengan mengirim surat," ujarnya.

Diakui Satirin, ada sejumlah desa yang belum dapat menyelesaikan laporan pertanggung jawaban (Lpj) DD. Konsekuensinya, dana tahun berikutnya belum dapat dicairkan hingga laporan tersebut rampung. Tetapi Satirin tidak dapat menjelaskan jumlah desa yang belum menyelesaikan Lpj DD dengan alasan tidak hafal.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Subroto mengaku, pihaknya punya batasan-batasan bila ada kesalahan penggunaan anggaran.

Untuk diketahui, DD dikucurkan pemerintah langsung ke masing-masing desa dengan nilai kurang lebih Rp 1 miliar. Dana ini diperuntukkan bagi kegiatan operasional desa dan proyek fisik. Untuk pencarian dana ini biasanya dilakukan dalam tiga termin atau empat bulan sekali. [nng/but]

Tag : dana desa

Komentar

?>