Selasa, 21 Nopember 2017

Pastikan Aman, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Cek Hewan Kurban

Selasa, 22 Agustus 2017 11:40:23 WIB
Reporter : Temmy P.
Pastikan Aman, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Cek Hewan Kurban

Sumenep (beritajatim.com) - Menjelang Idul Adha 1438 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep mengintensifkan pemantauan kesehatan hewan ternak terutama sapi dan kambing.

"Sebenarnya kalau untuk pengawasan kesehatan ternak, rutin kami lakukan. Tetapi khusus menjelang Idul Adha, frekuensi pemantauannya kami tingkatkan," kata petugas kesehatan hewan, drh Zulfa, Senin (21/08/2017).

Ia menjelaskan, pemantauan terhadap kesehatan hewan ternak menjelang Idul Adha terutama dilakukan di pasar-pasar hewan dan di bursa kambing/ sapi kurban musiman yang marak menjelang Lebaran.

"Kami harus memastikan hewan kurban yang dijual itu kondisinya sehat dan telah memenuhi syarat untuk kurban," ucapnya.

Menurut Zulfa, dari hasil pemantauan dan pengawasan di lapangan, sampai saat ini tidak ditemukan adanya hewan kurban yang berpenyakit atau cacat. Dipastikan, daging sapi dan kambing kurban yang dijual, layak konsumsi.

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Sampai saat ini kami tidak menemukan adanya hewan kurban yang dijual dalam kondisi sakit atau cacat. Pemantauan akan terus kami lakukan hingga Idul Adha," ujarnya.

Ia juga meminta agar masyarakat melaporkan, apabila di daerahnya ditemukan sapi atau kambing yang diduga mengidap penyakit dan tidak layak disembelih untuk kurban.

"Kalau ada temuan tentang hewan ternak yang diduga sakit dan tetap dijual untuk kurban, laporkan pada kami. Kami akan langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan," ucapnya. (tem/kun)

Komentar

?>