Sabtu, 21 Oktober 2017

PBB: Nafas Kita adalah Islam dan Kebangsaan

Minggu, 13 Agustus 2017 17:42:36 WIB
Reporter : Samsul Arifin
PBB: Nafas Kita adalah Islam dan Kebangsaan

Pamekasan (beritajatim.com) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menegaskan parpol yang dipimpinnya tetap beracuan terhadap konteks keislaman dan kebangsaan.

Hal itu disampaikan saat mengisi orasi politik pada Milad ke-19 dan Mukercab II Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Pamekasan di Gedung Serba Guna di Jl Kabupaten, Pamekasan, Minggu (13/8/2017).

"Sejak berdiri pada 17 Juli 1998, pada era reformasi. Partai ini bertujuan menjunjung tinggi ajaran Islam dan menjaga kedaulatan NKRI, karena nafas kita adalah Islam dan kebangsaan," kata Yusril Ihza Mahendra.

Tujuan dari parpol tersebut bukan tanpa alasan konkrit, sebab hal itu selaras dengan perundang-undangan Bangsa seperti yang tertulis dalam pembukan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. "Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur dan seterusnya," ungkapnya.

Istilah berkat Rahmat Allah yang Maha Kuasa, djelaskan secara gamblang jika hali itu mengacu terhadap ajaran Islam seperti tertuang dalam kalimat 'laa haula walaa quwata illa billah'. "Berkat rahmat Allah kita menyatakan kemerdekaan dan kemerdekaan itu tidak datang tanpa perjuangan," imbuhnya.

"Hal itu juga disimpulkan dalam al-Qur'an jika Allah itu tidak akan merubah nasib satu kaum tanpa ada upaya dari kaum itu sendiri. Sehingga bisa disimpilkan jika kemerdekaan Indonesia ini tidak lepas dari perjuangan umat Islam," jelasnya.

Tidak hanya itu, sosok yang sempat menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensekneg) itu juga menjelaskan secara detail seputar proses pendirian negara Republik Indonesia (RI), termasuk penggunaan Pancasila sebagai dasar negara.

Bahkan ia juga menjelaskan suasana politik nasional, mulai dari zaman orde lama (orla), orde baru (orba) hingga era reformasi yang notabene partai yang dipimpinnya lahir tepat pada 17 Juli 1998 silam. [pin/but]

Tag : pbb pamekasan

Komentar

?>