Selasa, 22 Agustus 2017

Kiai Kampung Tarik Dukungan, Khofifah Klaim Kantongi Separuh Parpol

Sabtu, 05 Agustus 2017 19:08:33 WIB
Reporter : Misti P.
Kiai Kampung Tarik Dukungan, Khofifah Klaim Kantongi Separuh Parpol

Mojokerto (beritajatim.com) - Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawangsa menanggapi santai terkait Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) yang menarik dukungan terhadap dirinya lantaran belum mendapat izin dari Presiden Jokowi. Khofifah justru mengaku sudah mendapat dukungan dari separuh partai politik (parpol)

"Sudahlah. Bagaimana tanggapan anda dengan pertemuan ini. Ya kah, jadi begitu saya alami sekali, natural sekali," ujarnya usai menghadiri Temu Kiai dan Bedah Amanatul Ummah serta Pembukaan Konferwil Persatuan Guru NU (PERGUNU) Jatim di Gedung lantai III Institut KH Abdul Chalim Desa Bendungan Jati, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (5/8/2017).

Masih kata Khofifah, ia sudah melakukan cek sound ke sejumlah daerah selama ini untuk menyamakan frekuensi sebelum turun ke sirkuit menuju Pemilihan Gubenur (Pilgub) Jawa Timur. Menurutnya, hal tersebut seharusnya dilalui secara alami dan tidak ada rekayasa.

"Kalau saya bilang cek sound, saya bilang frekuensi disamakan ya itu alami, tidak usah direkayasa. Sudah lebih cukup untuk mengusung, saya sebut lebih dari cukup. Lebih dari separuh, sudahlah, ga usahlah," ujarnya saat ditanya sejumlah awak media terkait sudah berapa partai politik (porpol) yang mendukungnya.

Selain enggan menyebutkan jumlah parpol yang siap mendukungnya maju sebagai calon Gubenur Jawa Timur periode 2018-2023, Khofifah juga mengaku belum menyiapkan nama sebagai wakilnya. Menurutnya, pemilihan wakil akan diserahkan ke para kyai yang dipimpin oleh Salahuddin Wahid.

"Cawagub, itu juga belum, nantilah. Forum kyai yang dipimpin Gus Solah (Salahudin Wakid, red) sudah pernah melakukan pertemuan dan saya pernah ditanya siapa wakil yang akan mendampingi saya nanti. Saya jawab, mohon nanti para kyai yang menentukan siapa wakil saya dan dikomando Gus Solah," tegasnya.

Sementara terkait hasil survei elektabilitas pada Juni 2017 oleh The Initiative Institute dalam simulasi survei terbuka tentang siapa calon gubenur yang terpilih jika Pemilihan Gubenur (Pilgub) Jawa Timur menyebutkan, Saifullah Yusuf meraih angka tertinggi, yakni 40,90 persen. Sementara Khofifah berada di posisi kedua dengan 34,20 persen.

"Saya belum pernah melakukan survei. Tidak apa-apa, masing-masing punya hak untuk menyiapkan format bagaimana pertimbangan-pertimbangan kedepan. Saya tidak ngomong begitu," ujarnya saat ditanya terkait tanggapan survei, apakah lebih percaya dengan survei internal daripada pihak luar.[tin/kun]

Komentar

?>