Rabu, 27 September 2017

Survei Bandara Trunojoyo, Wings Air Jadwalkan Terbang Percobaan 22 Juli

Senin, 17 Juli 2017 19:50:26 WIB
Reporter : Temmy P.
Survei Bandara Trunojoyo, Wings Air Jadwalkan Terbang Percobaan 22 Juli

Sumenep (beritajatim.com) - PT Wings Abadi (Wings Air) melakukan survei ke Bandara Trunojoyo Sumenep pada Senin sore, terkait keinginan membuka rute penerbangan komersil Sumenep - Surabaya.

"Kami kesini untuk melihat kelayakan bandara didarati pesawat jenis ATR 72 dengan kapasitas 70 penumpang. Ternyata dari sisi fasilitas di Bandara Trunojoyo, sudah sangat layak," kata Ground Operation Manager wilayah barat Wings Air, Eddy Guritno, Senin (17/07/2017).

Hanya saja, lanjutnya, masih ada satu kendala yang harus diselesaikan, yakni bangunan dua lantai SMA PGRI yang menjadi 'obstacle' atau penghambat keselamatan penerbangan.

"Tetapi ini tadi sudah ada kesanggupan pak Bupati untuk segera mengepras bangunan yang menjadi 'obstacle' penerbangan. Kalau itu sudah dikerjakan, berarti sudah tidak ada kendala," ujarnya.

Eddy merencanakan akan melakukan terbang percobaan (terbang tanpa penumpang) pada 22 Juli 2017, setelah bandara siap dan tidak ada 'obstacle' penerbangan.

"Direktur operasional Wings Air sudah memberikan 'lampu hijau'. Tinggal kesiapan bandara, mampu atau tidak diterbangi pesawat jenis ATR. Kalau tidak ada kendala, harapan kami tanggal 22 Juli kami bisa melakukan terbang percobaan," ucapnya.

Ia mengaku juga tengah menunggu surat balasan dari Kepala Bandara Trunojoyo, terkait permintaan 'slot' penerbangan Sumenep - Surabaya. "Meskipun kami sudah datang kesini, tapi kami tetap harus menunggu dari sisi legal aspek surat persetujuan dari kepala bandara," tandasnya.

Dalam survei tersebut, selain bertemu dengan Kepala Bandara Trunojoyo, Bupati Sumenep A. Busyro Karim, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi beserta sejumlah kepala dinas, menyempatkan diri bertemu langsung dengan managemen Wings Air.

Sementara Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo mengaku siap untuk segera melayangkan surat balasan kepada managemen Wings Air berisi persetujuan penggunaan slot penerbangan Sumenep - Surabaya.

"Surat akan kami kirim hari ini juga. Untuk 'slot time' sudah ada. Karena sebenarnya dijadwal jam berapapun untuk Sumenep tidak ada masalah. Tetapi kan harus menyesuaikan dengan Bandara Juanda," terangnya.

Ia menjelaskan, Bandara Trunojoyo akan menyiapkan fasilitas untuk penerbangan perdana Wings Air. Sedangkan untuk terbang percobaan pekan depan, Bandara Trunojoyo sudah siap karena tidak perlu menggunakan terminal.

"Kalau untuk 'obstacle' penerbangan itu kewenangan Pemkab. Tadi pak Bupati sudah menyatakan siap untuk segera menyelesaikan 'obstacle' berupa bangunan SMA PGRI," ungkapnya. (tem/kun)

Komentar

?>