Kamis, 21 September 2017

Bupati Anas Ajak Kolaborasi Pesantren Gontor V

Sabtu, 15 Juli 2017 07:46:33 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Bupati Anas Ajak Kolaborasi Pesantren Gontor V

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan silaturrahmi dengan pengasuh dan ribuan santri Pondok Pesantren Modern Gontor V, Kaligung, Blimbingsari. Dalam kunjungan tersebut, Anas mengajak salah satu pesantren cabang dari pesantren pusat di Ponorogo itu, untuk berkolaborasi dalam membangun Banyuwangi.

Pesantren Gontor selama ini dikenal sebagai salah satu pesantren yang menggunakan bahasa asing. Para santri terbiasa menggunakan bahasa arab maupun bahasa inggris dalam komunikasi sehari-harinya. Hal ini, menurut Anas, dapat disinergikan dalam program-program pengembangan bahasa Asing  yang digalakkan Pemkab Banyuwangi.

"Gontor ini kan dikenal dengan kemampuan bahasa asingnya. Ini potensi bagus untuk bisa disinergikan dengan program Pemkab yang mengajarkan bahasa asing kepada masyarakat," terang Anas.

Pengajaran bahasa asing yang dilaksanakan di desa-desa, lanjut Anas, bisa dioptimalkan dengan memanfaatkan santri Pesantren Gontor yang sedang melakukan program pengabdian masyarakat. "Di Gontor itu kan ada praktek pengabdian yang turun langsung ke masyarakat, ini bisa dioptimalkan dengan memberikan pengajaran bahasa Asing kepada pemuda-pemuda di desa," imbuhnya.

Selain itu, Bupati Anas juga akan memberikan kesempatan kepada santri pesantren Gontor maupun pesantren lainnya, yang memiliki kemampuan khusus untuk berkolaborasi dengan program-program Pemkab Banyuwangi. "Jika ada santri-santri yang memiliki kemampuan khusus dalam bidang apapun, jangan segan-segan untuk bisa bersinergi dengan Pemkab Banyuwangi," ajaknya.

Dalam kesempatan silaturahmi itu pula, Anas mengharapkan para santri bisa menjadi duta Banyuwangi saat pulang ke daerahnya masing-masing. Sebagaimana diketahui, santri yang belajar di Gontor V kebanyakan berasal dari luar daerah. Untuk itu, Anas berharap, mereka bisa mengabarkan hal-hal positif yang selama ini telah dilakukan Banyuwangi.

"Saat pulang atau sedang liburan, sampaikan pada teman-temannya, kepada keluarganya di rumah, tentang hal baik yang telah Banyuwangi lakukan. Ajak mereka untuk berwisata ke Banyuwangi," pungkasnya. [rin/suf]

Komentar

?>