Kamis, 21 September 2017

Hari Ini, 3 Kabupaten Belajar Bareng ke Banyuwangi

Kamis, 13 Juli 2017 16:34:01 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Hari Ini, 3 Kabupaten Belajar Bareng ke Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) - Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dalam program dan pelayanan masyrakat di tingkat nasional menjadi perhatian oleh sejumlah kalangan. Tak hanya mendapat predikat terbaik, kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini juga berhasil membuktikan sebagai daerah yang mampu berkembang pesat.

Atas dasar itu, banyak daerah lain di negeri ini yang melirik untuk datang ke Bumi Blambangan. Tak sekedar datang, sejumlah daerah tersebut juga bermaksud untuk menimba ilmu atau sekedar meniru keberhasilan Banyuwangi.

Khusus hari ini, Kamis (13/7/2017), sudah tampak ada tiga kabupaten yang sengaja mengunjungi daerah yang juga terkenal dengan pariwisatanya ini. Ketiganya adalah Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Pemkab Kebumen Jawa Tengah dah Pemkab Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Pemkab Bandung misalnya, daerah di Propinsi Jawa Barat ini sengaja datang ke kota berjuluk The Sunrise Of Java ini untuk belajar mengenai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Pasalnya mereka menilai Banyuwangi yang meraih predikat A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Artinya SAKIP Banyuwangi ini terbaik dan tertinggi.

“Hal ini yang melandasi kedatangan kami ke Banyuwangi. Dengan belajar ke sini, kami berharap SAKIP Kabupaten Bandung bisa meraih predikat yang lebih baik dari sekarang," terang
Kepala Bagian (kabag) Organisasi, Pemkab Bandung, Yudi Abdurrahman, Kamis (13/7/2017).

Selain SAKIP, Pemkab Bandung juga ingin belajar analis jabatan dan penghitungan tunjangan penghasilan pegawai. Karena, sejak beberapa tahun terakhir, Banyuwangi sudah menerapkan e-kinerja untuk peningkatan kesejahteraan pegawainya.

Sementara di hari yang sama, SAKIP juga masih menjadi bahasan belajar daerah Kebumen. Bupati Kebumen Muhammad Yahya Fuad memboyong 22 orang jajarannya untuk belajar SAKIP di Bumi Blambangan.

Sementara Pemkab Kotawaringin Timur studi tiru terkait Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD). Rombongan ini berjumlah 50 orang yang dipimpin langsung Wakil Bupati Kotawaringin Timur Taufik Mukri. (rin/kun)

Komentar

?>