Senin, 24 Juli 2017

Berharap Kebersihan Sungai

Ecoton 'Hadiahi' Pemkot Surabaya Sampah Popok

Rabu, 12 Juli 2017 22:51:32 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
Ecoton 'Hadiahi' Pemkot Surabaya Sampah Popok

Surabaya (beritajatim.com) - Untuk mengetuk hati Perintah Kota Surabaya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Eksekutif Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) berniat menyerahkan hasil temuan berupa popok bayi yang mencemari sungai di Surabaya.

Direktur Ecoton Prigi Arisandi mengatakan, pihaknya meminta pemerintah Kota Surabaya untuk lebih peduli dengan masalah limbah popok bayi yang mengotori sungai. "Kita prihatin dengan kondisi ini, harus ada tindakan pencegahan," ujarnya, Rabu (12/7/2017).

Tercatat, selama tiga hari beroperasi menyusuri sungai di Surabaya, tim Ecoton menemukan sedikitnya tiga kuintal popok bayi yang mencemari sungai. "Itu sebagian hasil yang kita temukan. Tidak semuanya kami ambil, karena tenaga dan peralatan kami terbatas," bebernya.

Ecoton rencananya akan membawa Sampah tersebut ke Balai Kota Surabaya untuk diserahkan ke Walikota, Kamis (13/7/2017). Teknisnya, Ecoton akan berperahu membawa sampah popok bayi dari samping Monkasel (Monumen Kapal Selam) dan berhenti di samping gedung DPRD Surabaya. Kemudian, para pemerhati lingkungan tersebut berjalan menuju Balai Kota Surabaya untuk menemui Walikota.

"Kita akan serahkan sekitar 50 kilo sampah popok bayi, agar pemerintah kota lebih berperan aktif membersihkan sungai," imbuhnya.

Apa harapan kepada pemerintah Kota Surabaya terkait masalah sampah popok bayi ini? Prigi menjelaskan, pihaknya meminta agar Walikota Surabaya berkoordinasi dengan tiga kota terkait, yang dilewati Sungai Brantas, agar segera mengatasi masalah ini.

"Kami berharap, Walikota Surabaya berkoordinasi dengan Bupati Mojokerto Sidoarjo serta Gersik untuk membicarakan masalah ini. Karena dampak yang paling berat diterima oleh warga Surabaya," bebernya. [rif/suf]

Komentar

?>