Kamis, 16 Agustus 2018

Gus Ipul Berangkatkan 5.060 Pemudik Gratis via Bus

Jum'at, 23 Juni 2017 14:39:24 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.
Gus Ipul Berangkatkan 5.060 Pemudik Gratis via Bus

Surabaya (beritajatim.com) - Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memberangkatkan 5.060 orang peserta mudik gratis via bus di halaman kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Jumat (23/6/2017).

Jumlah armada bus yang diberangkatkan mencapai 92 bus dengan rute tujuan Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Jember, dan Surabaya-Bondowoso. Sehari sebelumnya di tempat yang sama juga dilaksanakan pemberangkatan sebanyak 81 bus untuk mengangkut 4.455 pemudik oleh Gubernur Soekarwo dengan tujuan 20 kabupaten/kota di Jatim.

Untuk armada bus, tahun ini pemprov Jatim menyediakan 777 armada untuk melayani penumpang mudik gratis. Sedangkan untuk moda kereta api, disediakan 126.303 seat dengan 14 rangkaian kereta api, 7 jurusan, dan 138 trip, atau naik 12 persen dari tahun sebelumnya yang hanya menyediakan 113.080 seat, 7 jurusan, dan 131 trip.

"Secara keseluruhan, tahun ini pemprov Jatim bekerjasama dengan seluruh pihak melayani 210.638 pemudik gratis baik via armada bus, kapal laut, maupun kereta api. Semoga ini bisa membantu masyarakat agar bisa merayakan lebaran dengan gembira, selamat, dan kondisi fisiknya fresh," kata Gus Ipul.

Masih menurut Gus Ipul, program mudik gratis bertujuan untuk mengurangi kepadatan, baik kepadatan kendaraaan di jalan, maupun kepadatan/penumpukan penumpang di stasiun, terminal, maupun pelabuhan. Dengan berkurangnya kepadatan kendaraan di jalan, diharapkan kasus kecelakaan juga dapat ditekan.

Gus Ipul mencontohkan, pada 2015 terjadi 900 kasus kecelakaan dengan korban meninggal 200 orang. Jumlah itu berkurang pada 2016 dimana terjadi 700 kasus kecelakaan dengan korban meninggal 87 orang. Sebanyak 70 persen dari kasus kecelakaan tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Dengan program mudik gratis ini, kami harap bisa menyeimbangkan jumlah pemudik di stasiun, terminal, dan pelabuhan sehingga tidak terjadi lagi uyel-uyelan di lokasi tersebut. Serta yang lebih penting lagi, kami harapkan tidak ada lagi kasus kecelakaan di jalan saat mudik lebaran," tuturnya.

Setelah memberangkatkan mudik gratis di kantor Dishub, Gus Ipul beserta rombongan bergerak menuju Indomaret Frontage A. Yani untuk memberangkatkan 1.500 pemudik yang diangkut oleh 25 bus dengan tujuan Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Jember, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Magetan, serta rute Surabaya-Jogja, Surabaya-Solo, dan Surabaya-Purwokerto.

Gus Ipul berpesan kepada pengemudi bus agar taat pada rambu-rambu lalu lintas, jika lelah, diharapkan pengemudi dapat beristirahat di tempat-tempat peristirahatan sementara yang telah disediakan pemerintah, dan swasta. "Istirahatlah jika lelah dan jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain," pesannya. (tok/kun)

Komentar

?>