Kamis, 29 Juni 2017

Polres Sumenep Waspadai Jalur Mudik Kepulauan

Senin, 19 Juni 2017 16:08:14 WIB
Reporter : Temmy P.
Polres Sumenep Waspadai Jalur Mudik Kepulauan

Sumenep (beritajatim.com) - Selama pelaksanaan Operasi Ramadniya Semeru 2017, Polres Sumenep memberikan atensi khusus terhadap jalur mudik ke wilayah kepulauan.

"Kalau untuk lalu lintas di daratan kan lebih mudah pemantauannya. Angka kecelakaan bisa ditekan. Tetapi kalau jalur mudik di perairan ini lebih sulit. Sementara di Sumenep cukup banyak rute pelayaran ke pulau, mulai Pulau Kangean, Raas, Sepudi, Masalembu, Sapeken, hingga kepulauan terdekat yakni Talango," kata Kapolres Sumenep, AKBP H. Joseph Ananta Pinora, Senin (19/06/2017).

Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 kecamatan diantaranya merupakan wilayah kepulauan.

"Kami juga memberi perhatian pada pelabuhan-pelabuhan. Bagi kami, saat menunggu kapal akan berangkat, atau saat kapal datang juga merupakan titik rawan. Saya sudah meminta pada anggota untuk mengamankan pelabuhan, mulai Kalianget, Dungkek, dan Saronggi," ujar Pinora.

Ia meminta agar personel di pos pengamanan (pospam) yang ada di pelabuhan-pelabuhan, mengintensifkan komunikasi dengan Polsek setempat untuk mengetahui jadwal kedatangan kapal.

"Harus ada antisipasi dini, agar jangan sampai saat orang berjubel naik kapal atau sebaliknya turun dari kapal, dalam kondisi lelah dan tidak waspada, menjadi korban copet. Kejahatan konvensional ini  perlu diwaspadai," paparnya.

Selama pelaksanaan Operasi Ramadniya Semeru 2017, Polres Sumenep mendirikan 8 pos yang terdiri dari 6 pos pengamanan (pospam), dan 2 pos pelayanan (posyan). Jumlah personel yang ada di setiap pos berkisar 10-12 orang, gabungan dari aparat kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Syahbandar. Para pemudik bisa memanfaatkan 'rest area' di posyan untuk beristirahat sejenak apabila lelah dalam perjalanan. (tem/kun)

Tag : mudik sumenep

Komentar

?>