Senin, 18 Desember 2017

Rute Jakarta-Banyuwangi Merangkul Konektivitas Daerah Tetangga

Jum'at, 16 Juni 2017 16:40:02 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Rute Jakarta-Banyuwangi Merangkul Konektivitas Daerah Tetangga

Banyuwangi (beritajatim.com) - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan dibukanya penerbangan perdana Jakarta - Banyuwangi, Banyuwangi - Jakarta akan memberi banyak dampak yang beragam.

Misalnya, memberi kemudahan warga di daerah-daerah tetangga Banyuwangi untuk datang menggunakan rute baru moda transportasi udara itu. "Misalnya Jember, ternyata ada perjalanan naik kereta api dari Jember yang saya kira cukup ekonomis, ber AC, dengan ongkos hanya Rp 8 ribu. Berangkan Jam 5.15 WIB dan Jam 8 sampai di Banyuwangi. Maka jika conectivity kita bangun maka perjalanan kereta paling lambat Jam 8.30 WIB sampek di Rogojampi, maka mereka bisa langsung terbang dari Banyuwangi ke Jakarta," jelas Bupati Anas, Jum'at (16/6/2017).

Konektivitas antar daerah, kata Anas, ini sangat penting. Maka kedepan dirinya akan segera melakukan langkah maksimal untuk membuka sinergitas dengan daerah tetangga. "Tidak hanya Jember, tapi juga Bondowoso, dan Situbondo. Terlebih ada kawasan Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali," ungkapnya.

Khusus untuk konektivitas dengan Pulau Bali, lanjut Anas, dirinya menyebut akan segera ada penyeberangan kapal cepat Banyuwangi - Bali.

Jarak tempuh dari dua sisi pulau ini diperkirakan hanya membutuhkan waktu 15 menit. "Saya ingin yang cepat, siapa yang datang ke saya lebih cepat, pasti ijinnya akan saya keluarkan. Sehingga dengan begitu, ini nanti menjadi supporting system dari rencana jam-jam penerbangan," katanya.

Hingga saat ini, telah ada layanan empat kali penerbangan tiap hari di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Yaitu, Surabaya-Banyuwangi tiga kali sehari, Jakarta-Banyuwangi sekali sehari. (rin/kun)

Komentar

?>