Kamis, 23 Nopember 2017

Penjaga Pintu Perlintasan KA Dapat Apresiasi dari Bupati Anas

Kamis, 15 Juni 2017 23:31:08 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Penjaga Pintu Perlintasan KA Dapat Apresiasi dari Bupati Anas

Banyuwangi (beritajatim.com) – Dedikasi tinggi yang ditunjukkan oleh sejumlah petugas penjaga jalur lintasan (PJL) kereta api mendapat perhatian oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Secara langsung, bupati Anas mendatangi satu persatu petugas PJL itu dengan memberikan sebuah apresiasi dan ucapan terima kasih.

Dalam kunjungannya, Bupati Anas menyambangi tiga titik pintu lintasan kereta di Banyuwangi. Di antaranya, perlintasan kereta api di Argopuro (Kecamatan Kalipuro), Karangasem (Kecamatan Glagah), dan Jurangjero (Kecamatan Kabat).

Pertama, Anas mendatangi perlintasan sebidang PJL 19 Argopuro, Kecamatan Kalipuro. Di tempat ini, Bupati bertemu dengan petugas PJL, Taufik Hidayat. Usai memberikan bingkisan dan apresiasi, Anas kemudian berlanjut ke PJL 9, Sasak Perot, Kecamatan Glagah bertemu dengan Eka Wahyudi dan terakhir di PJL 7, Jurang Jeru.

Tak sekedar bertemu petugas PJL, Anas juga menyempatkan mencoba beberapa alat yang biasa digunakan oleh petugas. Bahkan, dirinya juga sesekali melakukan uji coba membunyikan sirine.

"Pekerjaan penjaga perlintasan adalah tugas mulia. Mereka bisa dikatakan menyelamatkan nyawa orang banyak," kata Anas.

Apalagi, saat ini jalur kereta api mulai menjadi menjadi alternatif utama masyarakat, sehingga jalurnya semakin padat. "Ini membutuhkan penjagaan yang tertib dari penjaga-penjaga PJl ini. Dengan begitu kecelakaan yang diakibatkan oleh kereta api bisa diminimalisasi," ujarnya.

Di Banyuwangi, kata Anas, cukup banyak armada kereta api yang beroperasi dari Stasiun Banyuwangi. Mulai kereta api kelas ekonomi, bisnis hingga eksekutif.

"Sekali lagi, saya atas nama Pemkab Banyuwangi sungguh-sungguh sangat berterima kasih kepada bapak-bapak penjaga perlintasan kereta api. Dedikasi mereka luar biasa," kata Anas.

Selain memberikan semangat, Bupati Anas juga menyerahkan bingkisan Lebaran kepada para petugas. Mereka tampak senang dengan perhatian Bupati Anas. Selama ini mereka mengaku tak pernah dikunjungi langsung oleh kepala daerah, apalagi diberikan bingkisan Lebaran.

"Alhamdulilah dapat bertemu Bupati Anas. Kami merasa bangga disemangati untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan tidak berkecil hati meski tidak libur saat Lebaran. Ini sudah menjadi tugas kami untuk turut menjaga keselamatan banyak orang,” kata Taufik Hidayat (20), petugas penjaga perlintasan di daerah Argopuro.

Banyuwangi masuk dalam kawasan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IX Jember. Di mana, pada sepanjang rute perjalanan kereta api di Daop IX, ada sebanyak 378 perlintasan kereta api. 103 perlintasan sudah berpalang pintu dan terjaga petugas. Sementara sisanya masih ada 275 perlintasan yang dikategorikan liar dan tak terjaga petugas. [rin/suf]

Komentar

?>