Kamis, 23 Nopember 2017

Demokrat Siap Usung Ganjar di Pilgub Jateng

Senin, 12 Juni 2017 21:46:30 WIB
Reporter : -
Demokrat Siap Usung Ganjar di Pilgub Jateng
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Demokrat Jateng, Pramono Edhie Wibowo (Foto: Istimewa)

Semarang - Partai Demokarat membuka peluang untuk mengusung calon petahana Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2018.

"Kalau ada partai besar ingin koalisi, dengan kita (yang) kursinya kecil, kita siap untuk jadi posisi wakil. Artinya peluang itu besar kalau memang ada kesempatan. Sangat bisa. Koalisi tidak diharamkan. Prinsipnya membangun untuk daerah," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Demokrat Jateng, Pramono Edhie Wibowo, Senin (12/6/2017).

Dia mengakui, Partai Demokrat tidak bisa mengusung sendiri calon gubernur karena hanya memiliki kursi minoritasi di DPRD Jateng.

"Kita sadar kursi kita hanya tujuh (di DPRD Jawa Tengah). Maka harus membangun koalisi dengan partai lain. Yang bisa hanya satu partai yakni PDIP, lainnya harus bergabung. Demokrat juga sedang menjajaki kemungkinan koalisi," katanya.

Ganjar Pranowo belum dipastikan diusung lagi oleh PDIP dalam Pilkada Jawa Tengah. Meski sebagai figur yang masih punya kans besar, nasib Ganjar ditentukan sepenuhnya oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Meski begitu, mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu menegaskan bahwa partainya lebih mengutamakan kader untuk dicalonkan. Maka pimpinan Partai Demokrat di tingkat kabupaten/kota di Jawa Tengah diminta mengusulkan figur yang tepat, di antaranya, popularitas dan elektabilitasnya tinggi berdasarkan hasil survei.

Pramono menyebut, sebenarnya sudah ada tiga nama kader yang dipertimbangkan untuk dicalonkan dalam Pilkada Jawa Tengah. Namun dia merahasiakan nama-nama itu karena masih terlalu dini.

Dia juga telah meminta kader Demokrat di Jawa Tengah untuk menggali informasi serta memberikan saran tentang partai yang tepat untuk mitra koalisi. Pasalnya, koalisi partai politik harus berdasarkan kepercayaan dan kesamaan visi-misi.[inilah.com]

Tag : pilgub jatim

Komentar

?>