Kamis, 23 Nopember 2017

40 Personil Dinas Pemadam Kebakaran Dilatih Penyelamatan

Selasa, 23 Mei 2017 14:15:17 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
40 Personil Dinas Pemadam Kebakaran Dilatih Penyelamatan

Bojonegoro (beritajatim.com) - Sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas terhadap personil Dinas Pemadam Kebakaran dalam melakukan tugasnya dengan benar, sebanyak 40 personil mendapat pelatihan selama lima hari.

Kasi Operasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Sukirno mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan selama lima hari itu diberikan materi tentang teknik pemadaman kebakaran, teknik pertolongan, teknik evakuasi korban dari gedung bertingkat dan simulasi kebakaran.

"Pelatihan dilakukan mulai dari pemberian materi sampai prakter simulasi, dilakukan dari Sabtu sampai Rabu besok," ujar Sukirno, Selasa (23/5/2017).

Hari ini, 40 personil yang mengikuti pelatihan untuk mendapat sertifikat satu itu dilatih penanganan vertikal rescue (raplinng) penyelamatan korban kebakaran dari degung bertingkat. Mereka mendapat materi dari Kemendagri. Salah satunya pelatih dari Diklat Pemadam Cilacas, Moh. Tasyom.

Sementara, Sekretaris Damkar, Andik Sudjarwo, mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparatur pemadam kebakaran. "Teknik pemadam dengan benar, mulai dari kebakaran lahan sampai gedung bertingkat," jelasnya.

Selain itu, karena Pemadam Kebakaran saat ini sudah berdiri sendiri sehingga harus sesuai dengan standarisasi dari Kemendagri. "Harus memiliki sertifikasi basic fire. Rapling ini untuk pertolongan di gedung tinggi," pungkasnya. [lus/ted]

Komentar

?>