Senin, 24 Juli 2017

Petahana Kuasai 19 Pilkades di Sampang

Sabtu, 20 Mei 2017 15:59:48 WIB
Reporter : Zamachsari
Petahana Kuasai 19 Pilkades di Sampang

Sampang (beritajatim.com) - Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak di Kabupaten Sampang, gelombang II yang terlaksana Selasa 16 Mei 2017 kemarin, sebanyak 31 desa rata-rata dimenangkan oleh calon kepala desa incumbent (petahana).

Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) H.Abdullah Hidayat mengatakan, berdasarkan data dari beberapa sumber yang dikantonginya, setidaknya 19 Kepala Desa dikuasai oleh Incumbent yang keluar sebagai pemenang dalam pilkades serentak itu.

"Setelah kami rekapitulasi hasil pilkades kemarin itu dimenangkan oleh incumbent yaitu sebanyak 19 bacakades, sisanya yaitu sebanyak 12 bacakades merupakan dari pihak luar," terangnya, Sabtu (20/5/2017).

Oleh sebab itulah, pihaknya menilai, para pemenang yang terdiri dari cakades incumbet adalah bentuk keseriusannya dalam melayani kebutuhan masyarakat dengan mejalankan amanahnya dengan baik. Sehingga masyarakat tetap memilih dan mempercayakan kembali urusan pemerintahan desa.

Namun disisi lain, pihaknya tetap meminta semua bacakades yang terpilih untuk benar-benar menjalankan amanah terserbut dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar kebutuhan dan peningkatan pembangunan tercapai.

"Apabila pelayanannya di tingkat desa itu kurang baik, umumnya masyarakat nantinya akan protes dan tidak akan berkenan untuk mempercayakan kembali urusan pemerintahan desa kepada Kepala desa tersebut. Karena saat ini masyarakat bisa memilih, menilai atau menimbang pemimpin desa itu sebelum dipilih," tegasnya.

Pihaknya mengimbau kepada para kepala desa terpilih setelah dilantik untuk benar-benar menjalankan amanah, tugas dan tanggung jawabnya, sehingga desa itu menjadi desa yang maju, makmur, aman dan tentram. [sar/but]

Komentar

?>