Senin, 29 Mei 2017

KPU Pamekasan Mulai Jadwalkan Tahapan Pilkada 2018

Kamis, 18 Mei 2017 16:36:49 WIB
Reporter : Samsul Arifin
KPU Pamekasan Mulai Jadwalkan Tahapan Pilkada 2018

Pamekasan (beritajatim.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan mulai menjadwalkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat yang dijadwalkan dilaksanakan 2018 mendatang.

Tahapan tersebut dijadwalkan mulai dilakukan pada September 2017 mendatang. Bahkan hal itu juga akan dilakukan serentak di seluruh wilayah di Indonesia, khususnya daerah yang melaksanakan pilkada.

"Tahapan pilkada serentak nantinya akan dilakukan pada 27 September (2017) mendatang. Sementara untuk tahapan pemilu serentak digelar pada 1 Oktober 2017," kata Ketua KPU Pamekasan Mohammad Hamzah, Kamis (18/5/2017).

Namun hingga saat ini pihaknya belum menentukan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilkada tingkat kabupaten. "Tapi berdasar regulasi pemilu, daftar pemilih sementara mengacu pada pemilihan terakhir (Pilpres 2014)," ungkapnya.

Selain itu pihaknya memprediksi jumlah DPT nantinya akan bertambah dari jumlah sebelumnya. "Kemungkinan besar nanti akan bertambah, hanya persentasenya (mencoblos atau tidak) tergantung regulasi pilkada," tegasnya.

Sebelumnya KPU Pamekasan sudah menggelar launching Rumah Pintar Pemilu dengan jargon Arek Lancor di kantor Jl Brawijaya, Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Pamekasan, Rabu (17/5/2017) kemarin.

Program tersebut diharapkan bisa menjadi upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai agenda pemilu, baik pileg (pemilu legislatif) ataupun pilpres (pemilu presiden).

Rumah pintar pemilu merupakan inisiatif yang berisi tentang regulasi pemilihan umum, termasuk juga dengan jargon Arek Lancor sebagai bentuk dukungan moril dan semangat kesuksesan pemilu di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. [pin/kun]

Komentar

?>