Senin, 20 Nopember 2017

Bekas Sekretaris Partai Demokrat Daftar Cabup Jombang Lewat PDIP

Selasa, 16 Mei 2017 19:37:47 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Bekas Sekretaris Partai Demokrat Daftar Cabup Jombang Lewat PDIP
Abdul Qodir menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon bupati ke PDIP Jombang

Jombang (beritajatim.com) - DPC PDIP Jombang akhirnya resmi menutup pendaftaran bakal calon (balon) Bupati-Wakil bupati, Selasa (16/5/2017) pukul 16.00 WIB. Hasilnya, ada lima orang pendaftar.

Mereka berasal dari internal dan ekternal partai. Dari internal adalah Marsaid (Ketua DPC) dan Wulang Suhardi (Sekretaris). Sedangkan dari eksternal adalah Iwan Setio Budi (pengusaha, mantan anggota DPRD Jombang dari Partai Hanura), Gutomo (pensiunan Kepala Dinas Pengairan Pemkab Jombang), dan H Abdul Qodir.

Yang menarik adalah munculnya H Abdul Qodir. Karena pria asal Kecamatan Mojowarno itu sebelumnya pernah menjabat sebagai sekretaris Partai Demokrat Jombang. Dia datang ke kantor DPC PDIP Jombang sekitar pukul 15.30 WIB dan menyerahkan formulir sebagai bukti mendaftarkan diri sebagai calon bupati periode 2018-2022 ke PDI Perjuangan Jombang.

Abdul Qodir tidak datang sendiri. Dengan memakai baju koko warna putih, pria yang juga dikenal sebagai pengusaha jasa kontruksi ini dikawal pendukungnya. Kedatngannya diterima secara langsung oleh Sekretaris Panitia Pendaftaran, Iwan Setiawan.

"Tidak masalah mendaftar lewat PDIP, karena saya sudah mundur dari Partai Demokrat Jombang. Harapan saya, PDIP bisa memberikan dukungan terhadap pencalonan saya pada Pilkada Jombang 2018 mendatang," kata Abdul Qodir, usai mendaftar.

Sekrteraris panitia pendaftaran bakal calon bupati-wabup, Iwan Setiawan mengatakan, penjaringan bakal calon itu dibuka selama dua Minggu, yakni 2 - 16 Mei 2017. Selama itu, terdapat lima pendaftar. "Khusus hari ini ada empat pendaftar. Sedangkan, satu pendaftar mengembalikan formulir pekan lalu," kata Iwan.

Iwan menegaskan, untuk proses selanjutnya, panitia akan menghubungi masing-masing calon. "Termasuk Pak Abdul Qodir, berkas pendaftaran sudah kami terima," pungkas Iwan sembari menunjukkan map warna merah yang berisi berkas.

Sesuai jadwal KPU, Pilkada Jombang akan digelar pada 27 Juni 2018 secara serentak dengan daerah lain, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Pendaftaran balon bupati yang dibuka PDIP Jombang juga dalam rangka pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sekedar diketahui, Pilbup Jombang periode sebelumnya (2013) pasangan yang diusung PDIP harus menerima kekalahan. Saat itu partai berlambang banteng moncong putih membangun koalisi dengan Partai Hanura dan PKPB. Mereka mengusung pasangan Widjono Soeparno - Sumrambah (WIRA).

WIRA kalah telak melawan pasangan Nyono Suharli - Munjidah Wahab yang diusung Partai Golkar, PPP, PKS, Partai Demokrat dan  Partai Gerindra. Rinciannya, WIRA memperoleh 234.819 suara. Sedangkan Nyono Suharli-Mundjidah Wahab, memperoleh 401.576 suara.

Sementara pasangan satu lagi, yakni Munir Al-Fanani-Wiwik Nuriyati (MUKTI) yang diusung oleh PKB dan PKPI berada di posisi juru kunci dengan perolehan 38.039 suara. Dengan hasil itu, secara otomatis pasangan Nyono - Munjidah ditetapkan sebagai pasangan Bupati - Wakil Bupati Jombang periode 2013-2018. [suf]

Komentar

?>