Jum'at, 28 Juli 2017

Perda Difabel Belum Punya Perbup

Selasa, 16 Mei 2017 15:20:27 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Jember (beritajatim.com) - Ada sejumlah muatan dalam peraturan daerah mengenai penyandang disabilitas (difabel) di Kabupaten Jember yang membutuhkan peraturan bupati sebagai tindak lanjut. Namun perbup itu belum juga terbit.

Kepala Dinas Sosial Jember Isnaini Dwi Susanti mengatakan, beberapa item dalam perda harus ditindaklanjuti dengan perbup terutama sinergi organisasi perangkat daerah. "Misalnya, kaitannya dengan sarana dan prasarana yang ramah terhadap difabel. Kami harus berjejaring dengan Dinas Cipta Karya dan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga," katanya.

Sementara untuk pelayanan kesehatan terhadap kaum difabel, Dinsos harus membicarakannya dengan Dinas Kesehatan dan untuk pendidikan harus dibicarakan dengan Dinas Pendidikan. "Kami akan segera tindaklanjuti dengan rapat-rapat dengan stakeholder, antara lain dengan beberapa OPD terkait dan kelompok-kelompok difabel," kata Susanti.

Susanti berusaha secepatnya agar perbup itu segera terbit. "Walaupun di perda kami, paling lama satu tahun setelah perda disahkan, tapi kami akan berusaha secepatnya. Kami akan mencari konsep-konsep bagaimana perbup itu. Saya ingin perbup itu benar-benar sinergi antara OPD dan masyarakat," katanya. [wir/kun]

Komentar

?>